vyqwglysux

Gempa Aceh Ratusan Korban Luka Dirujuk ke RSUD Sigli

vyqwglysux

indopolitik.com-Sigli: Ratusan orang menjadi korban, akibat gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Lebih dari 400 korbanĀ  dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro Sigli.

“Lebih 400 korban gempa Pidie Jaya sudah ditangani oleh tim dokter RSUD Sigli,” kata Direktur RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli Drg Mohd Riza Faisal Mars di Sigli, Rabu (7/12/2016).

RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, Kabupaten Pidie di Jalan Banda Aceh- Medan, Sumatera Utara juga membuka posko informasi para korban gempa. Saat ini, korban yang masih terus berdatangan ke tempat itu.

Baca: Korban Tewas Gempa Pidie Jaya 27 Orang

Dampak dari membeludaknya rujukan korban gempa bumi yang berkekuatan 6,5 Skala Richter itu, semua ruang rawat inap di RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli penuh. Adapun pasien yang dirujuk ke RSUD Tgk Chik Ditiro dominasi mengalami patah tulang, lebam dan luka pada kulit karena terkena puing bangunan yang roboh.

“Ada tiga pasien yang luka parah langsung dirujuk ke Banda Aceh tadi. Sementara itu, yang luka rigan setelah ditangani oleh dokter ada yang dibolehkan pulang dan ada juga yang mendapat perawatan intensif,” katanya.

Ia mengatakan tim dokter terus bersiaga melayani pasien yang masih berdatangan. Jumlah obat-obatan di rumah sakit itu hingga saat ini masih tercukupi.

Hingga pukul 12.00 WIB, korban tewas akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh, sebanyak 27 orang. Kepala BPBD Pidie Jaya, Puteh Manaf, mengatakan proses evakuasi masih dilakukan di beberapa titik. BPBD mengerahkan lima unit alat berat untuk membersihkan reruntuhan bangunan dan membantu proses evakuasi korban.

Presiden Joko Widodo memerintahkan tanggap darurat bencana akibat gempa yang menggoyang Pidie Jaya, Aceh, Rabu 7 Desember 2016. Identifikasi korban dan kerusakan fisik menjadi prioritas.

Kepala Staf Kepresidenen Teten Masduki, di komplek Istana Negara mengatakan prioritas bantuan adalah pengurusan jenazah dan tempat pengungsian bagi warga yang rumahnya rusak.

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, tepatnya di 18 kilometer timur laut. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer pada posisi 5.19 lintang utara – 96,36 bujur timur. Gempa tak berpotensi tsunami.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *