tirto-antarafoto-asean-cadet-sail-tuntas-061016-ma-2_ratio-16x9

Indonesia-Cina Kerja Sama Tingkatkan Penegakan Hukum Laut

indopolitik.com-Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Badan Penjaga Pantai Cina sepakat menungkatkan kerja sama dalam penegakan hukum di laut. Kerja sama ini dilakukan untuk menghadapi permasalahan yang melibatkan kepentingan bersama antara kedua negara ini di laut.

Kepala Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksmana Madya Ari Soedewo dan Kepala China Coast Guard Meng Hongwei menyepakati kerja sama itu saat melakukan pertemuan di Beijing.

Kepala Fungsi Politik KBRI Beijing, Suargana Pringganu kepada Antara, Jumat (25/11/2016) menjelaskan, kedua pihak menyatakan pentingnya penguatan kerja sama dalam menghadapi permasalahan yang melibatkan kepentingan bersama antara kedua negara di laut.

Kedua pihak juga sepakat memperluas kerja sama dalam hal pelatihan personel, kunjungan kapal dan pengembangan kapasitas.

Mereka juga sepakat meningkatkan rasa saling percaya, keyakinan dan koordinasi sehingga dapat merespons secara tepat dan efektif kejahatan lintas wilayah dan perselisihan di laut guna memelihara keamanan dan kestabilan kawasan.

Bakamla RI dan Coast Guard Cina juga sepakat menjajaki kerja sama pertukaran informasi dan latihan gabungan.

Pihak Tiongkok berharap dapat meneruskan kerja sama multilateral dengan Indonesia di bawah kerangka Forum Regional ASEAN dan Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM).

Selain mengadakan pertemuan dengan Coast Guard Cina, Kepala Bakamla Ari Soedewo dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan pejabat Kementerian Pertanian Cina pada Jumat petang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *