adagafg_ratio-16x9

Menguji Janji Para Cagub DKI Melalui Debat

Debat kandidat calon gubernur DKI Jakarta akan dilaksanakan Jumat, 13 Januari. Acara resmi ini dipastikan dihadiri ketiga pasangan calon di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan: Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan – Sandiaga Uno.

Guna merumuskan pertanyaan, Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta sudah jauh hari menetapkan empat panelis berlatar belakang pakar dan kalangan profesional. Sejauh ini nama mereka masih dirahasiakan. Sedangkan Ira Koesno, presenter televisi, menjadi moderator yang akan menyampaikan pertanyaan. Orang-orang yang terlibat dalam debat telah menandatangani “pakta integritas”. Langkah ini diambil agar rentetan pertanyaan tidak bocor sebelum debat dimulai.

“Pasangan calon enggak ada yang tahu apa pertanyaannya,” kata Sumarno, Ketua KPU Jakarta, kepada Tirto, Senin (9/1/2017). Meski begitu, untuk memantapkan teknis acara, ia telah berunding dengan pasangan calon dan tim sukses dari masing-masing calon.

Beberapa topik yang akan disampaikan, secara umum, pertama, pelayanan publik dalam pendidikan dan kesehatan. Ia menyinggung bagaimana program dan target jangka pendek maupun jangka panjang setiap pasangan calon untuk menghadirkan solusi bagi sarana publik di kedua bidang itu supaya berkualitas.

Kedua, topik transportasi dan lingkungan. Kandidat diberikan kesempatan untuk meyakinkan seberapa konkret programnya untuk membangun kenyamanan publik guna mengatasi masalah kerumitan transportasi dan lingkungan. Dan ketiga, program pasangan calon dalam membangun kondisi sosial-ekonomi, di antaranya masalah kemiskinan dan minimnya lapangan pekerjaan. Belakangan ada topik tambahan, yakni masalah keamanan.

Debat dibagi enam sesi. Ia dimulai pemaparan visi dan misi ketiga pasangan calon. Kemudian, sesi ke-5 jadi bagian pamungkas: pasangan kandidat saling bertanya dan menanggapi. Sesi terakhir, setiap pasangan calon diberi waktu menyampaikan pernyataan penutup.

Agenda debat perdana ini akan berlangsung sejak pukul 19.30. Ia disiarkan langsung melalui TV One, NET TV, dan Jawa Pos TV. Durasi selama 90 menit ditambah jeda iklan 30 menit.

Adapun tahap debat kedua akan digelar dua pekan lagi, 27 Januari. Dan tahap terakhir, sebelum masa tenang, dilangsungkan pada 10 Februari.

Sejauh ini sudah disiapkan sekitar 500 undangan untuk menghadiri perhelatan debat perdana. “Ya, ada DPR, Pemda, organisasi kayak MUI, terus PGI, KWI, dan lain-lain,” ujar Sumarno, merujuk organisasi semi-pemerintah seperti Majelis Ulama Indonesia dan organisasi keagamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *