b43d3a08-2a27-4faa-ad0c-7fbd727166ba_169

Namanya Muncul di Sidang Suap PUPR, Ini Penjelasan Jonan

Nama Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan muncul dalam lanjutan sidang dugaan korupsi di Kementerian PUPR. Jonan disebutkan memberi paket kepada Anggota DPR saat masih menjabat sebagai Menteri Perhubungan.

Jonan melalui Staf Khususnya, Hadi M Djuraid, mengklarifikasi bahwa paket yang dimaksud bukan untuk anggota DPR, melainkan untuk daerah. Disebutkan Hadi, sebagian anggota dewan memang suka mengklaim paket tersebut untuknya, karena dianggap sebagai hasil perjuangannya.

“Jadi yang memperoleh alokasi dana APBN dalam bentuk paket-paket program adalah daerah,” kata Hadi dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (19/1/2017).

“Sudah jadi bahasa yang jamak, ada sebagian anggota DPR menyebut paket program di daerah pemilihannya sebagai paket program hasil perjuangannya, atau paket program miliknya,” jelasnya.

Hadi menjelaskan motif klaim anggota dewan telah memperjuangkan daerahnya bisa bermacam-macam. Hanya saja Hadi memastikan bahwa itu tak ada hubungannya dengan menteri dan kementerian saat itu.

“Motif klaim seperti itu bisa macam-macam, yang pasti tidak ada kaitannya dengan menteri atau kementerian. Paket program yang didanai APBN adalah untuk daerah, bukan untuk individu anggota DPR tertentu,” tutur Hadi.

Menurut Hadi, dikarenakan apa yang terungkap di persidangan hanya berupa potongan percakapan Whatsapp, ia meyakini bahwa ‘paket’ yang dimaksud adalah paket untuk daerah.

“Karena informasi yang terungkap di persidangan hanya sepotong, kami meyakini ‘paket’ yang dimaksud dalam percakapan Whatsapp tersebut adalah paket program untuk daerah. Bukan dalam pengertian yang lain,” papar Hadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *