2 Sosok Jaksa Agung yang digunakan Wafat ketika Menjabat, Nomor 1 Tayangkan Wajah Koruptor pada TV

2 Sosok Jaksa Agung yang digunakan Wafat ketika Menjabat, Nomor 1 Tayangkan Wajah Koruptor pada TV

JAKARTA Jaksa Agung merupakan pejabat negara yang beraksi sebagai pimpinan sekaligus penanggung jawab tertinggi Kejaksaan. Seorang Jaksa Agung melakukan sebagai pengendali pelaksana tugas lalu wewenang kejaksaan dalam Indonesia.

Sepanjang riwayatnya, sudah ada sejumlah tokoh-tokoh terbaik bangsa yang mana mengisi sikap Jaksa Agung. Pada periode ini, jabatannya ditempati Sanitiar Burhanuddin.

Melihat ke belakang, ada berbagai Jaksa Agung terkenal ke Indonesia. Beberapa di dalam antaranya menjabat pada waktu lama, tapi ada pula yang tersebut cuma sebentar mengabdi dikarenakan wafat di mana bertugas.

Jaksa Agung yang mana Wafat saat Masih Menjabat

1. Sukarton Marmosujono

2 Sosok Jaksa Agung yang Wafat ketika Menjabat, Nomor 1 Tayangkan Wajah Koruptor di TV

FOTO/DOK.KEJAKSAAN

Laksamana Muda TNI (Purn) Sukarton Marmosujono pernah menjabat sebagai Jaksa Agung Republik Indonesia. Tempat ini ditempatinya pada Kabinet Pembangunan V Indonesia, tepatnya periode 1988-1990.

Pada sepak terjangnya, Sukarton dikenal sebagai sosok Jaksa Agung yang digunakan cukup menarik. Mengutip laman repository.unej.ac.id, ia pernah menawarkan ide penayangan wajah koruptor dalam televisi.

Tujuannya sederhana, yakni untuk memberi efek jera untuk para koruptor. Selain itu, konsep yang disebutkan juga diharapkan bisa jadi menjadi sanksi moral dan juga sosial agar mereka tak mengulangi perbuatannya.

Namun, Sukarton diketahui meninggal bola pada waktu masa jabatannya belum selesai. Ia wafat pada 29 Juni 1990.

Setelah itu, kedudukan Jaksa Agung digantikan oleh Singgih. Dilantik dengan segera oleh Presiden Soeharto, Singgih sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Sektor Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

2. Baharuddin Lopa

2 Sosok Jaksa Agung yang mana Wafat pada waktu Menjabat, Nomor 1 Tayangkan Wajah Koruptor pada TV

FOTO/DOK.KEMENKUMHAM

Berikutnya ada nama Baharuddin Lopa. Ia menjabat Jaksa Agung RI periode Juni-Juli 2001.

Saat bertugas, Baharuddin Lopa atau biasa disapa Barlop dikenal sebagai sosok pemberani. Pria kelahiran Polewali Mandar, 3 Juli 1935 ini juga punya banyak pengalaman menangani kasus-kasus besar.

Namun, Barlop wafat ketika masa jabatannya belum berakhir. Ia meninggal dunia pada 3 Juli 2001 pada Riyadh, Arab Saudi.

Sebelum berubah menjadi Jaksa Agung, Barlop pernah mengisi beberapa sikap penting lain. Sebut hanya seperti Duta Besar RI untuk Arab Saudi serta Menteri Kehakiman serta Hak Asasi Manusia (2001).

Itulah dua nama Jaksa Agung yang dimaksud wafat ketika masih bertugas.

Artikel ini disadur dari 2 Sosok Jaksa Agung yang Wafat saat Menjabat, Nomor 1 Tayangkan Wajah Koruptor di TV

CATEGORIES
TAGS
Share This