4 Fakta BAIS, Organisasi Khusus Intelijen Kemiliteran

4 Fakta BAIS, Organisasi Khusus Intelijen Kemiliteran

JAKARTA BAIS merupakan badan intelijen yang dimiliki militer juga berada ke bawah komando Markas Besar Tentara Nasional Negara Indonesia (Mabes TNI). Sebagai salah satu lembaga yang dimaksud ditunjuk di tugas intelijen, BAIS TNI dituntut miliki kesiapan ke sedang kompleksitas persoalan yang dapat memunculkan terganggunya stabilitas nasional.

BAIS adalah singkatan dari Badan Intelijen Krusial yang mana pada dasarnya memiliki tugas utama untuk menyuplai analisis-analisis intelijen dan juga strategis terhadap Panglima TNI dan juga Kementerian Pertahanan. Analisis intelijen yang digunakan disampaikan bersifat aktual maupun perkiraan ke depan atau jangka pendek, jangka menengah, dan juga jangka panjang.

4 Fakta BAIS

1. Berawal dari Pusat Intelijen Krusial (Pusintelstrat)

Cikal akan datang BAIS berawal pada saat Kementerian Defense ke era Orde Baru mendirikan Pusat Intelijen Krusial (Pusintelstrat) yang digunakan dipimpin oleh Ketua G-I Hankam Brigjen LB Moerdani.

Jabatan yang disebutkan terus dipegang sampai LB Moerdani berubah menjadi Panglima ABRI. Pada era ini, intelijen militer mempunyai badan intelijen operasional yang tersebut bernama Satgas Intelijen Kopkamtib.

2. Hasil Penggabungan Beberapa Satuan Intelijen Militer

Bersamaan dengan reorganisasi ABRI pada 1986, Sintel Hankam ABRI, Sintel Kopkamtib, Danpusintelstrat disatukan berubah menjadi Badan Intelijen Vital (BAIS).

Status satuan ini juga dinaikkan berubah menjadi salah satu Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) dari Panglima ABRI. Dalam bentuk Mabes ABRI, Kepala BAIS akan secara langsung bertanggung jawab pada Panglima.

3. Dipimpin oleh Jenderal Bintang Tiga

BAIS TNI dikepalai oleh Perwira Tinggi TNI bintang tiga, mampu sebagai Letnan Jenderal dari TNI AD, Laksamana Madya dari TNI AL, maupun Marsekal Madya dari TNI AU.

Saat ini tempat Kepala BAIS berada dalam diemban oleh Letjen TNI Yudi Abrimantyo, yang digunakan menduduki kedudukan yang dimaksud sejak 22 Maret 2024 menggantikan Letjen TNI Rudianto.

4. Susunan Organisasi BAIS

Dalam bangunan organisasinya, BAIS dipimpin oleh Kabais kemudian Wakabais. Di bawah dia terdapat Sekretaris BAIS, Inspektur BAIS, dan juga Kapoksahli BAIS.

Terdapat pula Direktur A-H Bais, Dansatinduk Bais, Dansatintel Bais, Dansatinteltek Bais, Dansatintel Geospasika Bais, Kadissandi Bais, lalu Dansat Intelmed.

Artikel ini disadur dari 4 Fakta BAIS, Organisasi Khusus Intelijen Kemiliteran

CATEGORIES
TAGS
Share This