7 KSAD yang digunakan Menjabat Kurang dari Setahun, Nomor 1 Tak Genap Sebulan

7 KSAD yang digunakan Menjabat Kurang dari Setahun, Nomor 1 Tak Genap Sebulan

JAKARTA – Terdapat beberapa orang nama KSAD yang digunakan memiliki masa jabatan kurang dari setahun. Salah satunya bahkan tiada genap satu bulan penuh.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) merupakan pejabat tertinggi ke lingkungan TNI Angkatan Darat. Pada tugasnya, manusia KSAD bertanggung jawab terhadap Panglima TNI.

Dalam sejarahnya, kedudukan KSAD telah dilakukan dipegang banyak nama berbeda. Beberapa di dalam antaranya ada yang dimaksud menjabat pada waktu lama, dan juga terdapat juga sebagian lain yang mana mengabdi belaka sebentar, kurang dari setahun. Siapa belaka KSAD yang tersebut menjabat kurang dari satu tahun?

KSAD yang tersebut Menjabat Kurang dari Setahun

1. Jenderal TNI Agus Subiyanto

7 KSAD yang digunakan Menjabat Kurang dari Setahun, Nomor 1 Tak Genap Sebulan

FOTO/DOK.TNI

Jenderal TNI Agus Subiyanto merupakan salah orang perwira besar (Pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia bergerak menjabat sebagai Panglima TNI. Melihat riwayatnya, Agus sempat bermetamorfosis menjadi KSAD juga dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Namun, kedudukan KSAD belaka ditempatinya kurang dari sebulan. Beberapa waktu pasca berubah menjadi KSAD, Agus dicalonkan sebagai Panglima TNI. Pada akhirnya, lulusan Akmil 1991 itu dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023). Mengacu waktu dilantiknya, Agus berubah jadi KSAD cuma sekitar 29 hari.

2. Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo

7 KSAD yang digunakan Menjabat Kurang dari Setahun, Nomor 1 Tak Genap Sebulan

FOTO/DOK.TNI

Berikutnya ada Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo. Tentara kelahiran Tegal ini tercatat sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) tahun 1982. Saat masih terlibat di dalam militer, Gatot pernah menempati sederet jabatan penting. Salah satunya adalah KSAD.

Gatot dilantik bermetamorfosis menjadi KSAD pada 25 Juli 2014 menggantikan tempat Jenderal Budiman. Jabatan KSAD diduduki Gatot hingga 8 Juli 2015 atau kurang dari dalam setahun masa jabatan. Setelah itu, ia ditunjuk berubah jadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Moeldoko.

3. Jenderal TNI (Purn) Budiman

7 KSAD yang tersebut Menjabat Kurang dari Setahun, Nomor 1 Tak Genap Sebulan

FOTO/DOK.TNI

Jenderal TNI (Purn) Budiman adalah lulusan terbaik Akabri 1978. Bersama predikatnya tersebut, ia pun berhak berhadapan dengan penghargaan Adhi Makayasa.

Artikel ini disadur dari 7 KSAD yang Menjabat Kurang dari Setahun, Nomor 1 Tak Genap Sebulan

CATEGORIES
TAGS
Share This