7 Makanan Sehat yang Meningkatkan Kolagen Alami, Bikin Awet Muda

7 Makanan Sehat yang Meningkatkan Kolagen Alami, Bikin Awet Muda

Berbagai skincare berkolagen kini jadi buruan banyak orang.

Penjualan minuman dan kapsul kaya kolagen telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir. Tak dimungkiri, kolagen ‘menjanjikan’ rambut,kulit, kuku, tulang, sendi, dan otot yang lebih sehat.

Bukan cuma itu kolagen juga dianggap bisa membuat kulit dan wajah jadi awet muda.

“Kolagen adalah protein yang memberi struktur pada otot,tulang, kulit, dan tendon,” kata Bianca Tamburello, RDN, ahli diet terdaftar di FRESH Communications dikutip dari Real Simple.

“Tubuh kita membuat kolagen, tapi kita juga bisa mendapatkan kolagen melalui makanan dan suplemen.”

Seiring bertambahnya usia dan paparan faktor lingkungan seperti sinar ultra violet (UV), produksi kolagen dalam tubuh mulai menurun.

Di sinilah suplementasi kolagen, baik melalui makanan atau suplemen makanan.

Kolagen berbahan dasar makanan juga benar-benar bermanfaat bagi tubuh. Dua cara paling efektif untuk meningkatkan simpanan kolagen dalam tubuh adalah dengan berfokus pada konsumsi nutrisi yang mendukung produksi kolagen dan mengonsumsi makanan yang tinggi kolagen.

“Pola makan yang bervariasi penting untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen,” jelas Tamburello.

Berikut beberapa makanan yang membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh:

1. Ikan

Ikan menawarkan protein berkualitas tinggi dalam bentuk asam amino untuk mendukung produksi kolagen.

“Lemak omega-3adalah salah satu sumber kolagen makanan yang paling efisien diserap,” kata Tamburello.

Pilihan bagus lainnya mencakup beberapa ikan yang lebih kecil, seperti ikan teri dan sarden, karena dikemas dengan kulit, tulang, dan jaringan ikat yang utuh.

2. Buah-buahan sitrus

Semua hidangan jeruk lezat ini akan membantu mendukung kesehatan kulit, rambut, kuku, persendian, dan banyak lagi.

Pesta salad buah jeruk, buah jeruk saat sarapan, atau membuat air lemon segar dalam tubuh dan berperan penting dalam proses tubuh membuat kolagen sendiri,” kata Tamburello.

3.  Telur

Telur mendukung pembentukan kolagen dalam tubuh.

Meskipun seng sebagian besar ditemukan dalam kuning telur, prolin dan sulfur sebagian besar terkonsentrasi di bagian putih telur.

Jadi kalau takut makan kuning telur, makan putihnya saja juga bisa membantu asupan tambahan kolagen.

4. Buah beri

Baik itu stroberi, raspberry, acai, blueberry, cranberry, atau buah beri lezat lainnya, buah-buahan berair ini benar-benar mengandung vitamin C pembentuk kolagen.

Ada banyak cara untuk menikmatinya: dalam smoothie, salad gurih, oatmeal, parfait yogurt,mangkuk smoothie.

5. Kaldu tulang

“Kaldu tulang adalah salah satu makanan tinggi kolagen yang paling terkenal,” kata Tamburello.

Anda bisa membuat kaldu tulang sendiri di rumah, meski prosesnya bisa sangat memakan waktu. Selain itu, ada juga produk kaldu tulang yang tersedia di pasaran yang bisa digunakan, tapi perhatikan betul bahan bakunya.

6. Kacang polong

Ada banyak sumber protein vegan yang menyediakan asam amino yang dibutuhkan untuk mendukung produksi kolagen, termasuk kacang-kacangan seperti kacang-kacangan.

Selain menawarkan rangkaian asam amino pembentuk kolagen,banyak jenis kacang-kacangan, termasuk kacang pinto dan kacang putih, juga merupakan sumber tembaga yang luar biasa.

7. Kerang

Kerang, terutama tiram, merupakan penambah kolagen yang sangat efektif.

Ini tak hanya lezat tidak hanya kaya akan beragam asam amino untuk meningkatkan kolagen, tetapi juga merupakan sumber tembaga dan seng terbaik untuk membantu Anda mendapatkan semua manfaat kolagen.

CATEGORIES
TAGS
Share This