8 WNI Diperiksa Polisi terkait Chaowalit Buronan Thailand: Driver Ojek Online hingga Sopir Taksi

8 WNI Diperiksa Polisi terkait Chaowalit Buronan Thailand: Driver Ojek Online hingga Sopir Taksi

JAKARTA – Sebanyak delapan warga negara Negara Indonesia (WNI) diperiksa polisi terkait buronan Thailand Chaowalit Thongduan alias Pang Na-Node alias Sulaiman. Polri mengusut delapan WNI yang diduga terlibat pada pelarian Chaowalit di Indonesia.

Para WNI yang disebutkan diduga membantu Chaowalit masuk Indonesia, menciptakan identitas palsu, hingga menghasilkan tabungan bank. “Ada 8 WNI yang mana miliki keterkaitan dengan pelarian serta pemalsuan identitas juga cara bagaimana buronan bertahan hidup selama berada di dalam Indonesia,” kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Pol Wahyu Widada di jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Mingguan (2/6/2024).

Meski masih di penyidikan, delapan WNI yang mana diduga terlibat pada langkah-langkah pelarian Chaowalit Thongduan ternyata mempunyai latar pekerjaan yang mana beragam. Mereka yang digunakan diduga terlibat merupakan WNI yang digunakan sudah ada dihubungi sebelumnya oleh kelompok gangster Chaowalit Thongduan untuk membantu pelarian selama dalam Indonesia.

“Delapan khalayak yang dimaksud ada yang dimaksud berprofesi sebagai driver ojek online, sopir taksi, agen pengiriman uang, pemilik jasa sewa kapal, dan juga juga teman buronan selama di pelarian pada Indonesia,” ungkapnya.

Jenderal Bintang tiga Polri yang dimaksud hanya saja menyebutkan pribadi WNI inisial FS yang digunakan diduga terlibat mempersiapkan identitas palsu Chaowalit Thongduan untuk mengganti nama berubah menjadi Sulaiman.

“Kemudian sampai di dalam Negara Indonesia ada WNI inisial FS yang mana sebelumnya sudah ada dikenalkan dalam Thailand untuk membantu buronan menimbulkan identitas palsu sebagai WNI dengan nama Sulaiman,” ujarnya.

“Identitas palsu yang disebutkan sebagai KTP, KK, lalu akte kelahiran sebagai penduduk Aceh Timur. Untuk para pelaku ini masih pada pencarian,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Chaowalit Thongduang ditangkap pada sebuah apartemen pada kawasan Daerah Badung, Provinsi Bali. Setelah itu, Polri pun akan melakukan proses ekstradisi atau pemulangan Chaowalit Thongduan ke Thailand.

Artikel ini disadur dari 8 WNI Diperiksa Polisi terkait Chaowalit Buronan Thailand: Driver Ojek Online hingga Sopir Taksi

CATEGORIES
TAGS
Share This