9 Negara Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Salah Satunya Tetangga Indonesia

9 Negara Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Salah Satunya Tetangga Indonesia

NEW YORK – Sembilan negara anggota PBB pada hari hari terakhir pekan memberikan pengumuman menentang dukungan terhadap upaya Palestina untuk bermetamorfosis menjadi anggota penuh pada badan planet tersebut. Tetangga Indonesia; Papua Nugini, menjadi bagian dari sembilan negara tersebut.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia memaparkan Negara Indonesia berubah menjadi co-sponsor resolusi upaya Palestina bermetamorfosis menjadi anggota penuh PBB. ”143 negara mendukung, 9 menolak, serta 25 abstain,” kata kementerian tersebut.

Mesi demikian, menurut Kemlu, Sidang Majelis Umum (SMU) PBB mengesahkan resolusi yang tersebut memberikan hak-hak istimewa bagi Palestina dalam PBB.

“Kecuali hak voting, Palestina mempunyai hak lalu kewenangan sebanding dengan anggota PBB lainnya. Keberhasilan ini sebuah terobosan bagi kesetaraan hak bangsa Palestina di dalam sedang bangsa dunia,” imbuh Kemlu Indonesia. “Upaya untuk keanggotaan penuh Palestina masih akan didorong.”

9 Negara Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS), sekutu terkuat negeri Israel di dalam PBB, sebelumnya telah dilakukan menyatakan pada hari Hari Jumat bahwa mereka itu akan memberikan pendapat menentang resolusi yang dimaksud di Majelis Umum PBB.

Sebelum pemungutan suara, juru bicara misi Amerika Serikat untuk PBB Nate Evans mengutarakan Washington akan memberikan kata-kata “tidak” terhadap resolusi yang disebutkan dan juga menyokong negara-negara anggota lainnya untuk melakukan hal yang mana sama.

“Jika Majelis Umum mengadopsi resolusi ini dan juga merujuk permohonan keanggotaan Palestina kembali ke Dewan Keamanan, kami mengharapkan hasil yang sama dengan apa yang terbentuk pada bulan April,” katanya.

Pada 18 April, Negeri Paman Sam memveto resolusi Dewan Ketenteraman PBB yang dimaksud akan menyetujui upaya Palestina untuk bermetamorfosis menjadi anggota penuh PBB.

2. Israel

Israel secara konsisten memberikan ucapan menentang keanggotaan penuh Palestina dalam PBB.

Artikel ini disadur dari 9 Negara Menentang Palestina Jadi Anggota Penuh PBB, Salah Satunya Tetangga Indonesia

CATEGORIES
TAGS
Share This