Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru serta Prancis?

Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru serta Prancis?

PARIS – Keinginan Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memperdalam pengaruh Prancis dalam Pasifik, tempat China memperluas hubungan keamanannya, dapat terancam oleh respons keras terhadap kerusuhan sipil di Kaledonia Baru, Pasifik.

Kerusuhan mematikan meletus minggu ini di kalangan penduduk asli Kanak, setelahnya Paris mengubah peraturan pemungutan pernyataan untuk memungkinkan lebih banyak banyak warga Prancis untuk bergabung di daftar pemilih pada wilayah Pasifik. Kekerasan serta kedatangan banyak polisi dari Paris menghidupkan kembali kepekaan regional terhadap kolonialisme.

Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru juga Prancis?

1. Pengaruh Prancis pada Kaledonia Baru Diganggu China

Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru serta Prancis?

Foto/Reuters

Analis dari Australian National University Pacific, Graeme Smith, mengutarakan tindakan keras yang digunakan diwujudkan polisi Prancis ke Noumea dapat meningkatkan kekuatan persenjataan China berhadapan dengan warisan kolonial negara-negara Barat dalam Pasifik – yang dimaksud mencakup uji coba nuklir Prancis kemudian Amerika.

“Ini akan berjalan sangat baik sebab China sudah pernah menemukan beberapa sejarah kolonial ke Pasifik,” katanya.

Beijing sudah berupaya memperdalam hubungan keamanannya pada Kepulauan Pasifik, yang mana berlokasi strategis antara Amerika Serikat serta Asia, dengan keberhasilan yang tersebut beragam.

Setelah menimbulkan pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon pada tahun 2022 yang tersebut menciptakan Washington khawatir, Beijing gagal mencapai kesepakatan perdagangan juga keamanan di seluruh Pasifik.

China mengalihkan perhatian dan juga dukungan finansial ke sub-kelompok, Melanesian Spearhead Group, yang dibentuk pada tahun 1986 untuk memperkuat dekolonisasi negara-negara Melanesia yang tersebut masih berada dalam bawah kekuasaan kolonial, teristimewa Front de Liberation Nationale Kanak et Socialiste (FLNKS) di dalam Kaledonia Baru.

Anggota-anggotanya, Papua Nugini, Fiji, Vanuatu, juga Kepulauan Solomon, berada di pusat perebutan pengaruh antara Tiongkok serta A.S. juga sekutunya, diantaranya Australia dan juga Prancis.

Pada bulan Juli, Macron melakukan kunjungan pertama ke Vanuatu oleh pemimpin erancis sejak negara yang dimaksud memperoleh kemerdekaan dari Prancis kemudian Inggris pada tahun 1980, di pidatonya ia mengingatkan menentang “imperialisme baru” China.

China adalah kreditor eksternal terbesar di dalam Vanuatu, serta perdana menterinya digulingkan oleh anggota parlemen pada bulan berikutnya, sebagian oleh sebab itu mengabaikan kebijakan luar negeri Vanuatu yang dimaksud tidaklah selaras.

Artikel ini disadur dari Adakah Hubungan antara Kaledonia Baru dan Prancis?

CATEGORIES
TAGS
Share This