Adakah Keterkaitan Tewasnya Ebrahim Raisi oleh sebab itu Menjadi Calon Kuat Penerus Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei?

Adakah Keterkaitan Tewasnya Ebrahim Raisi oleh sebab itu Menjadi Calon Kuat Penerus Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei?

TEHERAN – Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi muncul pada ketika meningkatnya perbedaan pendapat dalam Iran mengenai rangkaian krisis politik, sosial kemudian ekonomi. Apalagi, Raisi disebut banyak pihak sebagai kandidat kuat yang digunakan akan meneruskan kepemimpinan tertinggi Iran Ali Khamenei.

Para ulama penguasa Iran menghadapi tekanan internasional melawan sengketa acara nuklir Teheran juga semakin dalamnya hubungan militer dengan Rusia selama konflik pada Ukraina.

Sejak sekutu Iran, Hamas, menyerang negara Israel pada 7 Oktober, yang tersebut memicu serangan negeri Israel pada Gaza, konflik yang melibatkan kelompok-kelompok yang mana bersekutu dengan Iran telah terjadi meletus ke seluruh Timur Tengah.

Dalam sistem urusan politik ganda Iran, yang tersebut terbagi antara kelompok ulama dan juga pemerintah, mentor Raisi, Ayatollah Ali Khamenei, yang berusia 85 tahun, pemimpin tertinggi sejak tahun 1989, memegang kekuasaan pengambilan tindakan pada semua kebijakan utama.

Selama bertahun-tahun berbagai pemukim memandang Raisi sebagai pesaing kuat untuk menggantikan Khamenei, yang digunakan menyokong kebijakan utama Raisi.

Melansir Reuters, kemenangan Raisi pada pemilihan umum yang mana dikelola dengan ketat pada tahun 2021 mengakibatkan semua cabang kekuasaan di bawah kendali kelompok garis keras, setelahnya delapan tahun pada saat kursi kepresidenan dipegang oleh Hassan Rouhani yang dimaksud pragmatis juga kesepakatan nuklir dinegosiasikan dengan negara-negara besar satu di antaranya Washington.

Namun, pembangunan Raisi kemungkinan besar terpuruk akibat meluasnya membantah terhadap pemerintahan ulama lalu kegagalan memperbaiki perekonomian Iran, yang dimaksud dilumpuhkan oleh sanksi Barat.

Artikel ini disadur dari Adakah Keterkaitan Tewasnya Ebrahim Raisi karena Menjadi Calon Kuat Penerus Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei?

CATEGORIES
TAGS
Share This