Alasan Chaowalit Thongduang Buronan Thailand Ngumpet di dalam Indonesi Ketimbang India

Alasan Chaowalit Thongduang Buronan Thailand Ngumpet di dalam Indonesi Ketimbang India

JAKARTA – Buronan yang tersebut paling dicari Thailand Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node ditangkap polisi di Badung, Bali pada Kamis (30/5/2024). Dia menyamar dengan berganti nama berubah jadi Sulaiman.

Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Brigjen Mukti Juharsa mengungkapkan bahwa Chaowalit Thongduang sempat ke India sebelum ke Indonesia. Di Indonesia, Chaowalit bersembunyi selama tujuh bulan.

Chaowalit memilih bersembunyi dalam Tanah Air oleh sebab itu wajahnya yang tersebut lebih banyak mirip dengan khalayak Indonesia. “Karena mukanya di India tiada identik dengan muka dia. Dia seperti muka Indonesia. Makanya ia ke Nusantara dengan nama Sulaiman,” kata Mukti dalam Mabes Polri, Jakarta, Hari Minggu (2/6/2024).

Alasan Chaowalit Thongduang Buronan Thailand Ngumpet di Indonesi Ketimbang India

Mukti menuturkan bahwa Sulaiman mulanya melarikan diri dari Thailand menuju ke India menggunakan jalur laut. Selanjutnya, menuju wilayah Aceh, Indonesia. “Dari Thailand ke India dulu. Baru ke Aceh,” ucap Mukti.

Sulaiman telah menjadi buronan Royal Thai Police sejak 16 Februari 2024 berdasarkan Red Notice yang mana dikeluarkan. Sulaiman sudah ada masuk ke Negara Indonesia pada 8 Desember 2023 melalui jalur perairan laut Thailand.

Berdasarkan penyelidikan yang mana dilaksanakan tim gabungan Kepolisian Indonesia, buronan yang disebutkan diketahui berpindah-pindah tempat, mulai di dalam Aceh, beberapa apartemen atau hotel ke Medan, hingga akhirnya ditangkap pada kawasan Badung, Bali.

Artikel ini disadur dari Alasan Chaowalit Thongduang Buronan Thailand Ngumpet di Indonesia Ketimbang India

CATEGORIES
TAGS
Share This