Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, kemudian Polsek? Ini adalah Penjelasannya!

Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, kemudian Polsek? Ini adalah Penjelasannya!

JAKARTA – Perbedaan Mabes Polri , Polda, Polres, dan juga Polsek bermetamorfosis menjadi ulasan menyita perhatian untuk diketahui. Masing-masing merupakan bagian dari tingkatan bentuk organisasi Polri .

Kepolisian Negara Republik Nusantara (Polri) merupakan lembaga penegak hukum ke Indonesia. Pada rangka organisasinya, lembaga ini disusun secara berjenjang dari tingkat pusat sampai kewilayahan.

Secara singkat, organisasi ke tingkat pusat disebut Markas Besar (Mabes) Polri. Sementara untuk tingkat wilayah, strukturnya terbagi di tiga bagian, yakni Kepolisian Daerah (Polda) untuk tingkat provinsi, Kepolisian Resor (Polres) untuk tingkat kabupaten/kota, juga Kepolisian Industri (Polsek) untuk wilayah kecamatan.

Lantas, apa perbedaan antara Mabes Polri, Polda, Polres, kemudian Polsek sebagaimana disebutkan di atas? Berikut ini ulasannya.

Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, serta Polsek

1. Mabes Polri

Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, juga Polsek? Ini adalah Penjelasannya!

FOTO/IST

Pertama, ada Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesi atau biasa dikenal Mabes Polri. Pada bangunan organisasi Polri, Mabes Polri ini berada dalam tingkatan pusat.

Mengutip laman Humas Polri, unsur pimpinan Mabes Polri adalah Kepala Kepolisian Negara Republik Negara Indonesia (Kapolri). Seorang Kapolri berada dalam bawah lalu bertanggung jawab untuk Presiden Republik Indonesia.

Pada jabatannya, tempat Kapolri ditempati seseorang berpangkat Jenderal Polisi atau bintang 4. Saat ini, jabatan Kapolri ditempati Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Lebih jauh, pribadi Kapolri pada tugasnya dibantu oleh Wakapolri. Posisinya pada unsur pimpinan juga membawahi bagian lain seperti Unsur Pengawasan juga Pembantu Pimpinan, Unsur Pelaksana Tugas Pokok, Unsur Pendukung hingga Unsur Pelaksana Taraf Kewilayahan.

2. Polda

Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, dan juga Polsek? Hal ini Penjelasannya!

FOTO/DOK.POLRI

Pada susunan organisasi Polri, Kepolisian Daerah (Polda) berada dalam tingkat kewilayahan. Bagian ini bermetamorfosis menjadi satuan pelaksana utama Kewilayahan yang tersebut berada pada bawah Kapolri.

Artikel ini disadur dari Apa Perbedaan Mabes Polri, Polda, Polres, dan Polsek? Ini Penjelasannya!

CATEGORIES
TAGS
Share This