Asap Kebakaran Makin Pekat, Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Dievakuasi

Asap Kebakaran Makin Pekat, Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Dievakuasi

IndoPolitik.com – Wali Kota  Arief Wismansyah mengatakan warga pada tempat sekitar TPA Rawa Kucing dievakuasi akibat asap  yang mana itu makin pekat.

Arief menjelaskan kebakaran pada TPA Rawa Kucing sudah mampu ditangani. Namun, masih ada titik api pada beberapa lokasi yang digunakan hal tersebut berpotensi menyebabkan kebakaran lanjutan.

“Kita pagi-pagi sudah mulai pendinginan. Tapi menjauhi jam delapan, jam sembilan, ternyata anginnya kencang sampai siang. Sampai asapnya itu jarak pandang nol,” kata Arief dalam keterangan yang digunakan diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (21/10).

“Makanya sekitar jam 12 apa jam satu [siang] saya putuskan warga sekitar dievakuasi, akibat memang asapnya sudah pekat banget. Sekarang rakyat sudah disiapkan tempat istirahat,” tambahnya.

Ia mengungkapkan beberapa lokasi yang tersebut mana dijadikan sarana pengungsian warga adalah kantor kecamatan, gelanggang olah raga (GOR), kantor dinas sosial, bekas kantor dinas kebudayaan serta pariwisata, serta gedung Kelurahan Kedaung Wetan.

Menurut Arief, armada kemudian petugas pemadam kebakaran dikerahkan dari Provinsi Banten, Kota Tangerang Selatan, juga Jakarta.

“Kita sudah mengerahkan semua armada Kota Tangerang ada 24 armada damkar kalau tak salah, ditambah 20 truk tangki dari dinas pertamanan, empat tangki dari Dinas LH,” kata Arief.

“Terus dari PMI ada tiga tangkinya, ada lagi dari PDAM, terus juga kita dapat bantuan juga dari DKI, kalau tiada salah ada tiga serta Tangsel dua armada pemadam kebakaran,” ucap dia.

Arief pun mengaku sudah dapat informasi dari BNPB bahwa akan ada bantuan pemadaman terdiri dari water bombing. Ia berharap bantuan segera datang.

Menurut informasi BNPB, kebakaran pada TPA Rawa Kucing sudah terjadi sejak Jumat (20/10), tepatnya mulai pukul 14.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi, juga Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyebut setidaknya 10 hektare lahan TPA terbakar. Penyebab kebakaran masih ditelusuri.

“Penyebab kebakaran masih ditelusuri, tetapi cuaca ekstrem lalu panas yang mana hal itu sangat terik menciptakan tumpukan sampah plastik menjadi sangat mudah terbakar,” ujar Abdul Muhari, Sabtu.

CATEGORIES
TAGS
Share This