Bakal Diumumkan Juni 2024, Jokowi Ungkap Parameter Pansel Capim KPK

Bakal Diumumkan Juni 2024, Jokowi Ungkap Parameter Pansel Capim KPK

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan lalu Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan disampaikan pada Juni 2024. Ada beberapa jumlah kriteria yang mana harus dipenuhi untuk menjadi anggota Pansel KPK.

“Iya (diumumkan bulan Juni), ini baru menyiapkan untuk anggota-anggota dari pansel,” kata Jokowi dalam Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Jokowi menyampaikan bahwa pansel Capim KPK nantinya akan diisi oleh tokoh-tokoh yang tersebut dinilai baik kemudian memiliki integritas dan juga fokus terhadap pemberantasan korupsi.

“Ya tokoh yang tersebut baik lah, yang digunakan punya integritas yang tersebut concern terhadap pemberantasan korupsi. Saya kira berbagai sekali, tinggal nanti dipilih,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Istana mengungkapkan anggota Pansel Capim kemudian Dewas KPK akan berjumlah sembilan orang.

“Adapun keanggotaan pansel yang dimaksud akan berjumlah 9 pendatang yang mana terdiri dari 5 pendatang dari unsur pemerintah lalu 4 warga dari unsur rakyat yang akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di keterangannya, Kamis, 9 Mei 2024.

Ari mengatakan, nama-nama calon pansel masih pada tahapan pematangan dengan memperhatikan masukan lalu harapan dari masyarakat.

“Nama-nama calon anggota Pansel Capim kemudian Dewas KPK masih terus digodok dengan memperhatikan harapan-harapan warga untuk mendapatkan anggota Pansel yang digunakan kredibel juga berintegritas,” kata Ari.

Perlu diketahui, bahwa pimpinan KPK akan habis masa jabatan pada akhir 2024. Seharusnya, pimpinan KPK hanya sekali menjabat selama 4 tahun dan juga berakhir di dalam 2023. Namun, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron untuk menambah masa berlaku masa jabatan hingga 5 tahun kemudian akan berakhir tahun ini.

Artikel ini disadur dari Bakal Diumumkan Juni 2024, Jokowi Ungkap Kriteria Pansel Capim KPK

CATEGORIES
TAGS
Share This