Bangun Proyek MRT Tomang-Medan Satria, Jepun Guyur Utang Rp14,5 T

Bangun Proyek MRT Tomang-Medan Satria, Jepun Guyur Utang Rp14,5 T

JAKARTA – PT MRT Ibukota Indonesia (Perseroda) berusaha mencapai pengerjaan MRT fase 3 koridor East – West siap dikerjakan groundbreaking pada Agustus 2024 mendatang.

Direktur Utama PT MRT Ibukota Tuhiyat menjelaskan groundbreaking yang mana akan dilaksanakan pada bulan Agustus itu untuk pembangun fase 1 tahap 1 sepanjang 30,4 KM dari Tomang – Medan Satria. Pembangun fase 1 tahap 1 itu telah terjadi mendapatkan dukungan pembiayaan melalui pinjaman dari JICA Japan International Cooperation Agency) sebesar Rp14,5 triliun.

Pinjaman yang dimaksud sudah mendapatkan dukungan dari eksekutif Pusat melalui APBN, maupun otoritas Daerah melalui APBD yang mana akan menjamin pinjaman tersebut.

“Loan sudah ada tandatangan otoritas dengan Jepang, total Rp14,5 triliun, dari total itu nanti pinjamannya ditanggung oleh otoritas DKI 51% lewat APBD, 49% ditanggung oleh eksekutif pusat lewat APBN,” ujar Tuhiyat di konferensi pers dalam Kantor MRT Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Lebih lanjut, Tuhiyat menjelaskan mekanisme pencairan dana yang disebutkan akan dijalankan secara bertahap yang akan dengan segera disalurkan dari JICA untuk kontraktor yang mana telah melakukan pengerjaan.

“Dari total ini sudah ada tersedia 14,5 triliun, nanti kontraktor bekerja, nanti JICA akan bayar segera ke kontraktor, jadi uangnya memang benar masih ke lender di JICA,” sambungnya.

Sehingga pada proyek ini, terlebih dahulu akan menggunakan kantong pemerintah, baik pemerintahan Pusat maupun Daerah lewat APBN atau APBN. Sebab tahapan pencairan dana dari JICA sendiri juga memerlukan waktu.

“Tinggal disepakati yang mau awal awal itu, mau pakai dari hibah APBN dulu atau mau dari DKI, akibat prosesnya agak sedikit berbeda, ini yang tersebut kita namanya threesub agreement, ada pemerintahan Pusat, Daerah, lalu JICA,” sambungnya.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Weni Maulina menambahkan konstruksi MRT East – West Fase 1 tahap 1 yang digunakan bulan Agustus akan segera melakukan groundbreaking akan membentang sepanjang 30,4 KM, yang mana terdiri dari 21 stasiun.

Artikel ini disadur dari Bangun Proyek MRT Tomang-Medan Satria, Jepang Guyur Utang Rp14,5 T

CATEGORIES
TAGS
Share This