Bawaslu akan perpanjang rekrutmen pengawas TPS

Bawaslu akan perpanjang rekrutmen pengawas TPS

IndoPolitik.com – DKI Jakarta – Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyatakan bahwa pihaknya akan memperpanjang masa rekrutmen pengawas tempat pemungutan pengumuman (TPS) hingga mendekati waktu pencoblosan.

"Ini masih proses, kami akan mengakses kembali, ditunggu," ujar Bagja di area Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Kamis.

Hal ini untuk mengisi kekosongan 18.000 TPS dalam seluruh Indonesia yang mana belum miliki pengawas.

Bagja menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah mitigasi. Selain itu, Bawaslu akan merekrut penduduk desa tet­angga untuk jadi pengawas TPS.

"Pengawas TPS seharusnya merupakan penduduk setempat. Misal, pengawas TPS yang tersebut tidak dari lingkungan sekitar, 'kan pengawas TPS harus dari lingkungan setempat," katanya.

Bila ada beberapa persyaratan yang tersebut tak bisa jadi dipenuhi, kata dia, mencari penggantinya untuk dipindahkan ke Indonesia bagian kepulauan akan sulit.

Oleh dikarenakan itu, Bawaslu akan tetap memperlihatkan menggunakan SDM pada area tempat pelaksana rekrutmen pengawas TPS.

"Misal, pulau yang dimaksud tingkat pendidikannya cuma sampai wajib dasar SMP. Tidak ada lagi yang tersebut SMA, mau bukan mau wajib," jelas Bagja.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan kontestan pemilihan raya Presiden dan juga Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, juga Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga sudah pernah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan pengumuman pada tanggal 14 Februari 2024.

CATEGORIES
TAGS
Share This