Begini Respons Puan Maharani masalah Mundurnya Maruarar Sirait dari PDIP

IndoPolitik.com – Jakarta – Politikus Maruarar Sirait menyatakan mundur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP pada, Awal Minggu hari ini, Senin, 15 Januari 2024. Ara, demikian Maruarar akrab disapa, masuk akal mundurnya dari partai banteng itu akibat memilih mengikuti langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Puan Maharani tidaklah berkomentar berbagai ketika ditanya ihwal ada kadernya yang mundur. Puan cuma mengucapkan terima kasih terhadap Maruarar.

“Terima kasih, selama ini telah dengan dengan PDI Perjuangan,” kata Puan pada waktu ditemui di tempat Kompleks Parlemen, pada Selasa, 16 Januari 2024.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan majelis pengurus pusat telah terjadi menerima laporan melawan mundurnya Maruarar Sirait sebagai kader. Hasto menyebut, menjadi anggota partai memang sebenarnya didasarkan pada prinsip kesukarelaan.

“Demikian halnya untuk tiada menjadi anggota dapat mengajukan pengunduran diri,” kata Hasto di keterangan tertulis, Selasa, 16 Januari 2024.

Menurut Hasto, pengurus pusat partai menerima pengunduran diri yang digunakan diajukan Ara. Dia mengatakan Ara telah berhasil sebagai pengusaha. 

“Terlebih dengan kondisi Pak Ara sekarang yang tersebut sudah ada semakin berhasil sebagai pengusaha. Beberapa foto Pak Ara dengan pelaku bisnis menunjukkan keberhasilan itu,” kata Hasto.

Tak hanya saja itu, Hasto menilai pengunduran diri yang dimaksud merupakan bagian dari konsolidasi kader partai. Apalagi, sikap itu dipilih pada pada waktu partai sedang berjuang menempatkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di tempat pada menentukan pemimpin.

“Sekaligus melakukan koreksi terhadap berbagai upaya yang mana mencoba untuk melanggengkan kekuasaan sampai harus terjadi pelanggaran etik berat oleh Anwar Usman melalui manipulasi hukum di dalam MK,” kata Hasto. 

Sebelum mundur, jabatan urusan politik dalam PDIP, Ara tercatat sebagai Ketua DPP PDIP, sedangkan pada jabatan profesional Ara menjadi Komisaris Utama PT Potenza Sinergi.

Dalam perjalanan politiknya,  Ara pernah menduduki kursi pada Dewan Perwakilan Rakyat selama tiga periode jabatan. Pada periode 2004-2009, 2009-2014, dan juga 2014-2019, pria kelahiran Medan, 23 Desember 1969 itu menjadi anggota Komisi XI DPR. Dia bergabung dalam PDIP pada 1999. 

Sementara itu, di perjalanan pendidikannya, Ara merupakan bekas peserta didik Fakultas Bidang Studi Sosial dan juga Politik Universitas Parahyangan, Bandung, pada tahun 90-an. Selama menjadi mahasiswa, Ara berpartisipasi dalam Pergerakan Mahasiswa Kristen Indonesia atau GMKI kemudian Resimen Mahasiswa Universitas Parahyangan. Di organisasi tersebut, Ara belajar diskursus tentang urusan politik juga berorganisasi.  

Ara sempat memberikan penjelasan tentang mengakhiri karir urusan politik di tempat PDIP pada waktu ia berada di area di mobil. Kepada wartawan, ia mengakui sudah ada menemui Utut Adianto, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP juga politisi lainnya, seperti Rudianto Tjen.

Dia mengakui kebijakan mundur dari partai berlambang banteng itu telah melalui diskusi dengan orang-orang internal partai. “Saya doakan PDI Perjuangan tetap memperlihatkan menjadi partai besar yang dimaksud memperjuangkan Pancasila, memperjuangkan kebenaran, memperjuangkan keadilan,” tutur dia.

Usai memutuskan untuk mundur dari PDIP, Ara berterima kasih terhadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, dan juga jajaran partai. “Karena selama ini telah mengizinkan saya berbakti melalui PDIP,” kata Ara.

Ara tak menjawab akan berlabuh ke partai mana setelahnya angkat kaki dari PDIP. Namun ia mengungkapkan akan bergabung mengikuti Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Dan saya memilih mengikuti langkah Pak Jokowi akibat saya percaya Pak Jokowi adalah pemimpin yang sangat didukung oleh rakyat Indonesia kepercayaan publiknya,” ucap Ara. 

Pilihan Editor: PDIP Terima Pengunduran Diri Maruarar Sirait, Hasto Bilang Dia Berhasil jadi Pengusaha

CATEGORIES
TAGS
Share This