Bendungan Ameroro Rp1,7 Trilin Garapan HK Diresmikan Jokowi, Begini Penampakannya

Bendungan Ameroro Rp1,7 Trilin Garapan HK Diresmikan Jokowi, Begini Penampakannya

KONAWE – Presiden Republik Nusantara Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ameroro garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kerja sejenis operasi (KSO) dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., (Adhi Karya) (KSO HK-Adhi) pada paket II yang tersebut berlokasi di dalam Desa Tamesandi, Kec. Uepai. Kab. Konawe , Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5).

Pembangunan Bendungan Ameroro sendiri sudah ada dimulai sejak tahun 2020 yang menelan biaya Rp1,57 triliun. Kehadiran bendungan Ameroro ini diharapkan mampu menyimpan wilayah sekitarnya dari kekeringan ketika musim kemarau.

“Kita harap manfaatnya berjauhan tambahan besar dari uang yang dimaksud dipakai untuk mendirikan bendungan,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Bendungan Ameroro sebagai bendungan ke 40 yang mana sudah dibangun oleh pemerintahan selama 10 tahun terakhir dengan kapasitas tampung 88 jt m3, luas genangan 398 Ha dan juga dapat mereduksi banjir ke wilayah Konawe serta sekitarnya.

“Kita tahu di beberapa negara sekarang ini mulai terbentuk krisis air, sulit sekali mendapatkan air. Ke depan air berubah menjadi sesuatu yang digunakan penting bagi keberadaan kita, sehingga harus betul-betul kita manfaatkan,” kata Presiden Jokowi.

Peresmian ini secara simbolis ditandai dengan menyentuh totem sensor juga penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi yang digunakan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum kemudian Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesejahteraan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi juga Pj. Pengelola Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto. Turut hadir Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Direktur Operasi I Hutama Karya Agung Fajarwanto dan juga Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson.

Artikel ini disadur dari Bendungan Ameroro Rp1,7 Trilin Garapan HK Diresmikan Jokowi, Begini Penampakannya

CATEGORIES
TAGS
Share This