Boy Rafli Bicara Signifikans Peran Alumni pada Pengentasan Pengangguran

Boy Rafli Bicara Signifikans Peran Alumni pada Pengentasan Pengangguran

JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Ibukota Komjen Pol (purn) Boy Rafli Amar bicara pentingnya peran alumni pada pengentasan pengangguran. Dia menuturkan, prospek yang tersebut dimiliki lintas alumni sangat banyak.

Dia menambahkan, potensi-potensi mampu berubah menjadi aset bagi bangsa. “Banyak yang bagus, ini harus kita rawat ke depan untuk berubah menjadi bagian aset penduduk kita. Kita harus berubah jadi subjek bagi kegiatan aktivitas perekonomian bangsa kita sendiri,” kata Boy ketika acara Halalbihalal Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Jakarta, Hari Minggu (2/6/2024).

Boy mengatakan, perkembangan teknologi serta perubahan menyebabkan persaingan hidup semakin ketat. Menurutnya, penting tekad kuat untuk meraih cita-cita. “Ini persaingan sangat ketat. Artinya, nilai tambah keahlian itu harus ada,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, setiap alumni harus punya intrepreneurship. Alumni harus bisa saja memberikan wadah pembekalan juga pelatihan untuk adik kelasnya dengan beragam kegiatan.

“Bagaimana berubah menjadi pelaku wirausaha yang berdaya saing dalam sedang masyarakat, kemampuan itu yang digunakan harus kita berikan pembekalan. Jangan semua berpikir menjadi pegawai, berubah menjadi PNS, ASN, TNI Polri. Tapi kemampuan untuk berwirausaha,” ungkapnya.

Dia pun menekankan pentingnya sekolah perguruan tinggi. Dia berharap bukan ada lagi komunitas yang mana berpikir cukup sampai SMA. Sebab, kata dia, melanjutkan lembaga pendidikan ke perguruan membesar adalah situasi yang dimaksud ideal.

“Kita tak cuma berbicara kaitan permasalahan uang. Banyak keluarga yang dimaksud latar belakang ekonominya biasa saja, tapi anaknya sekolah pada perguruan tinggi yang mana hebat, bahkan ke luar negeri,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tekad yang digunakan kuat harus ditanamkan terhadap tiap pelajar agar terus berprestasi, lantaran ada prasarana beasiswa. “Kita harus menggerakkan memotivasi para pelajar untuk menjadi insan yang digunakan berprestasi. Kalau prestasi bukan ada, tentu bermetamorfosis menjadi beban bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Ibukota Indonesia Hendri Satrio mengatakan, Ikatan Alumni tidak hanya saja sekadar organisasi silaturahmi, tapi juga organisasi masa depan para siswa.

Pria yang akrab disapa Hensat ini berpendapat, ikatan alumni harus menciptakan jaringan para siswa meluas, sehingga membuka kesempatan kerja lebih banyak terbuka serta hal ini bisa saja dinikmati manfaatnya.

Artikel ini disadur dari Boy Rafli Bicara Pentingnya Peran Alumni dalam Pengentasan Pengangguran

CATEGORIES
TAGS
Share This