Campur Tangan Mossad atau Konflik Internal Iran yang tersebut Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi

Campur Tangan Mossad atau Konflik Internal Iran yang tersebut Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi

TEHERAN – Presiden Iran Ebrahim Raisi kemudian Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian tewas pasca helikopter merekan jatuh pada waktu melintasi area pegunungan pada kabut tebal pada perjalanan pulang dari kunjungan ke perbatasan dengan Azerbaijan.

Raisi, 63 tahun, adalah anak didik garis keras pemimpin tertinggi Iran yang membantu mengawasi eksekusi massal ribuan pemukim pada tahun 1988. Ia juga dikenal sebagai “tukang jagal Teheran”.

Dia juga mengawasi negara itu di mana memperkaya uranium mendekati tingkat senjata juga melancarkan serangan besar-besaran dengan drone lalu rudal terhadap Israel.

Amirabdollahian adalah salah satu tokoh garis keras yang dimaksud dekat dengan paramiliter Garda Revolusi negara itu. Dia berkonfrontasi dengan Barat serta juga mengawasi pembicaraan tiada secara langsung dengan Amerika Serikat mengenai inisiatif nuklir negara tersebut.

Kematian tak terduga dua pemimpin Iran yang tersebut berpengaruh ini sudah pernah mengakibatkan perebutan kekuasaan besar di negara Timur Tengah tersebut. Hal ini juga menyebabkan perkiraan tentang kemungkinan keterlibatan negara asing atau musuh pada negeri di kecelakaan tersebut.

Memiliki Banyak Musuh di Iran

Campur Tangan Mossad atau Konflik Internal Iran yang tersebut Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi

Foto/AP

Menurut laporan ke The Economist, Raisi miliki daftar panjang musuh di Iran, salah satunya kelompok moderat yang dimaksud ia marginalkan hingga kelompok konservatif yang mana menganggapnya sebagai presiden yang dimaksud tidaklah kompeten.

Dikatakan bahwa sebagian warga Iran percaya bahwa musuh-musuh Raisi mungkin saja akan membalas dendam. “Bukan hal yang dimaksud tak masuk akal untuk bertanya-tanya apakah musuh pada negeri berkonspirasi untuk membunuhnya,” kata laporan itu.

Mossad Ikut Bermain

Laporan The Economist mengutarakan bahwa keterlibatan negeri Israel juga tidak ada dapat dikesampingkan akibat kedua negara telah terjadi lama berubah menjadi musuh.

Bulan lalu, kedua negara hampir berada di ambang konflik skala penuh pasca tanah Israel membunuh seseorang jenderal Iran ke Suriah lalu Teheran menanggapinya dengan meluncurkan serangan rudal yang belum pernah muncul sebelumnya terhadap Israel.

Laporan yang dimaksud menyebutkan bahwa kelompok mata-mata tanah Israel Mossad mempunyai sejarah panjang pada membunuh musuh, salah satunya pada Iran. Faktanya, negara Israel sudah pernah membunuh beberapa ilmuwan nuklir terkemuka di dalam Iran selama bertahun-tahun.

Namun, dikatakan bahwa kecil kemungkinan negara Israel akan melakukan pembunuhan terhadap presiden negara yang dimaksud dikarenakan hal itu akan mengakibatkan konsekuensi yang tersebut mematikan.

Artikel ini disadur dari Campur Tangan Mossad atau Konflik Internal Iran yang Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi

CATEGORIES
TAGS
Share This