China Bakal Jual Obligasi eksekutif 1 Ribu Miliar Yuan Tahun Ini, Buat Apa?

China Bakal Jual Obligasi eksekutif 1 Ribu Miliar Yuan Tahun Ini, Buat Apa?

JAKARTA – China berencana mengedarkan obligasi pemerintah pusat tahap pertama khusus jangka panjang senilai 1 triliun yuan atau USD138 miliar. Pengumpulan dana yang dimaksud untuk menyokong perekonomian negara terbesar kedua bumi ini.

“Total penerbitan akan mencakup 300 miliar yuan obligasi bertenor 20 tahun, 600 miliar yuan obligasi bertenor 30 tahun kemudian 100 miliar yuan obligasi bertenor 50 tahun. Adapun obigasi yang disebutkan akan dijual dari bulan Mei sampai November,” kata beberapa sumber, disitir dari Yahoo Finance dari Bloomberg, Rabu (15/5/2024).

Berdasarkan laporan, Kementerian Keuangan China sudah pernah mengadakan pertandingan dengan para penjamin emisi untuk mendiskusikan pengaturan penerbitan obligasi. Financial Times melaporkan sebelumnya bahwa People’s Bank of China telah lama meminta-minta saran terhadap para pialang untuk menentukan harga jual pemasaran obligasi negara tahap pertama. China mengumumkan rencana jualan obligasi ini pada Kongres Rakyat Nasional pada Maret dikarenakan para pembuat kebijakan berjanji untuk meningkatkan dukungan fiskal untuk perekonomian.

Langkah yang disebutkan meningkatkan ekspektasi bahwa pemerintah pusat meningkatkan pengeluaran fiskalnya ke berada dalam tekanan utang pada banyak pemerintah daerah. Ini adalah adalah perdagangan keempat pada 26 tahun terakhir, dengan yang dimaksud terbaru pada 2020 pada saat pihak berwenang menerbitkan obligasi senilai 1 triliun yuan untuk membayar langkah-langkah tanggap pandemi. Sekelompok bank kemudian perusahaan sekuritas pada China membantu Kementerian Keuangan untuk jual obligasi.

Pertemuan ini diadakan setelahnya data pada akhir pekan menunjukkan ukuran luas kredit pada April menyusut untuk pertama kalinya lantaran perdagangan obligasi pemerintah melambat. Penerbitan obligasi baru oleh otoritas kemudian bank-bank kebijakan China turun pada kuartal pertama menjadi setengah dari level tahun setelah itu dikarenakan daerah-daerah dengan risiko utang yang dimaksud membesar dilarang meminjam.

Artikel ini disadur dari China Bakal Jual Obligasi Pemerintah 1 Triliun Yuan Tahun Ini, Buat Apa?

CATEGORIES
TAGS
Share This