China Klaim Usir Kapal Perang Negeri Paman Sam dari Pulau Sengketa Laut China Selatan

China Klaim Usir Kapal Perang Negeri Paman Sam dari Pulau Sengketa Laut China Selatan

BEIJING – Militer China mengeklaim pihaknya telah lama melacak, memperingatkan, juga mengusir sebuah kapal pertempuran Amerika Serikat (AS) dari perairan sekitar Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan pada hari Jumat.

Komando Teater Selatan Militer China mengemukakan kapal pertempuran USS Halsey menyusup secara ilegal ke wilayah perairan di dalam sekitar kepulauan tersebut, yang dimaksud oleh Beijing disebut sebagai Xiasha kemudian dikelola sebagai bagian dari provinsi paling selatan, Hainan.

“Amerika Serikat melakukan pelanggaran serius terhadap kedaulatan kemudian keamanan China,” kata juru bicara militer China Kolonel Tian Junli, menyampaikan rival geopolitik Beijing sebagai penghancur perdamaian terbesar ke kawasan.

Kepulauan Paracel dikelilingi oleh area penangkapan ikan serta diduga miliki cadangan minyak lalu gas alam. Wilayah yang disebutkan diklaim oleh Vietnam, yang dimaksud menyebutnya Hoang Sa, namun China merebut seluruh pulau juga terumbu karang di pertempuran laut pada tahun 1974. Taiwan juga mengeklaim wilayah tersebut.

Sementara itu, militer Amerika Serikat membantah klaim bahwa pasukan China mengusir kapal pertempuran USS Halsey dari perairan dalam sekitar Kepulauan Paracel.

“Pernyataan RRC mengenai misi ini salah,” kata Armada Urutan ke-7 Amerika Serikat di sebuah pernyataan terhadap Newsweek, merujuk pada Republik Rakyat China.

“Halsey melakukan operasi kebebasan navigasi atau FONOP sesuai dengan hukum internasional lalu kemudian melanjutkan operasi normal di dalam perairan dalam luar laut teritorial. Operasi yang dimaksud mencerminkan komitmen kami untuk menjunjung kebebasan navigasi juga pemakaian laut yang dimaksud sah sebagai sebuah prinsip,” lanjut pernyataan itu, yang digunakan dilansir Hari Minggu (12/5/2024).

“Amerika Serikat membela hak setiap negara untuk terbang, berlayar, dan juga beroperasi pada mana pun hukum internasional mengizinkan, seperti yang digunakan dijalankan USS Halsey ke sini. Pernyataan RRC tak akan menghalangi kami.”

Menurut World Factbook CIA, pangkalan utama militer China di Paracel terletak pada Pulau Woody, yang digunakan dikenal sebagai Yongxing pada bahasa China, ke mana instalasinya mencakup landasan udara dengan hanggar pesawat tempur, sarana Angkatan Laut, radar pengawasan, lalu pertahanan seperti rudal permukaan-ke-udara lalu rudal jelajah anti-kapal.

Artikel ini disadur dari China Klaim Usir Kapal Perang AS dari Pulau Sengketa Laut China Selatan

CATEGORIES
TAGS
Share This