#
Deretan Jenderal Muda yang mana Aktif Bertugas ke Brimob

Deretan Jenderal Muda yang mana Aktif Bertugas ke Brimob

JAKARTA – Sejumlah jenderal muda terlibat berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) ditugaskan ke Korps Brigade Mobil (Brimob) . Jenderal muda ini merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 hingga 1994.

Dari tiga jenderal muda di Korps Brimob, dua penduduk merupakan jebolan Akpol 1991 dan juga satu warga jebolan Akpol 1994.

Seperti diketahui, Korps Brimob memiliki tugas utama di penanganan terorisme domestik, penanganan kerusuhan, penegakan hukum berisiko tinggi, pencarian kemudian penyelamatan (SAR), penyelamatan sandera, serta penjinakan bom (EOD).

Korps Brimob juga bersifat sebagai komponen besar ke pada Polri yang tersebut dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas antiseparatis juga antipemberontakan, rutin kali bersamaan dengan operasi militer. Brimob juga tergolong sebagai Unit Taktis Polisi lalu secara operasional bersifat kesatuan Senjata kemudian Taktik Khusus (SWAT) polisi, satu di antaranya Densus lalu Gegana.

Berikut Deretan Jenderal Muda yang mana Aktif Bertugas ke Brimob:

1. Brigjen Pol Firly Ruspang Samosir

Firly Ruspang Samosir merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 yang mana ketika ini menjabat sebagai Komandan Tim sepak bola (Danpas) 1 Korbrimob Polri. Pria kelahiran Bandung, 5 Juli 1967 ini menjabat Danpas 1 Korbrimob Polri sejak 23 Desember 2022.

Sebelum bermetamorfosis menjadi Danpas 1 Korbrimob Polri, priaberdarah batak iniini sempat menjabat Karo Ops Polda Jateng. Selain itu, ia juga pernah menempati beberapa kedudukan penting lainnya selama kariernya pada kepolisian.

Mulai dari Wakasat Brimob Kalimantan Timur (2004), Kade A Sat Brimobda Polda Metro Jaya (2006), Wakasat II Pelopor Korbrimob Polri (2007), Kasat Brimob Polda Kalimantan Barat (2008), Kapolres Sintang Polda Kalbar (2009), Wakasat IV Demlat Korbrimob Polri (2011), Kasat Brimob Polda Nusa Tenggara Barat (2012), Analis Kebijakan Madya Area Brigade Mobil Korbrimob Polri, dan juga Karo Ops Polda Sumbar (2018).

2. Brigjen Pol Gatot Haribowo

Gatot Haribowo adalah jenderal muda berikutnya yang tersebut berpartisipasi bertugas pada Brimob. Lulusan Akpol 1991 ini menempati sikap Komandan Tim (Danpas) III Korbrimob Polri sejak 23 Desember 2022 lalu.

Sebelumnya, pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 1 Juni 1968 ini menjabat sebagai Dirsamapta Polda Metro Jaya. Melihat catatan kariernya pada Polri, beberapa orang kedudukan strategis lain juga sempat ditempati Gatot.

Di antaranya adalah Kapolres Pacitan (2010), Kabagbinlatops Roops Polda Jatim (2011), Wakapusdik Brimob Lemdikpol Polri, Kasat Brimob Polda Sulteng (2013), Kasat Brimob Polda Kalbar (2015), Kasat Brimob Polda Metro Jaya (2016), Analis Kebijakan Madya Sektor Brigade Mobil Korbrimob Polri (2017), lalu Karoops Polda Papua (2018).

3. Brigjen Pol Arif Budiman

Arif Budiman adalah jenderal muda ketiga yang mana terlibat bertugas pada Brimob. Jebolan Akpol 1994 ini mengemban tugas sebagai Komandan Regu (Danpas) Brimob II Korbrimob Polri.

Pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 17 September 1972 ini mulai menjabat pada 23 Desember 2022 lalu.

Arif yang dimaksud berpengalaman di bidang Brimob. Sebelum ditunjuk berubah menjadi Danpas II Korbrimob Polri, Arif Budiman menduduki tempat Wadanpasgegana Korbrimob Polri sejak 2019.

Dalam kariernya dalam kepolisian, Arif Budiman pernah menempati sikap Kapolres Serdang Bedagai Polda Sumut, Wadansatbrimob Polda Sumsel (2013), Dansatbrimob Polda Babel (2016), Dansatbrimob Polda Sumsel (2016), hingga Dansatbrimob Polda Jabar (2018).

Ia juga sempat menjadi pemimpin Operasi Madago Raya dalam Poso pada 2022. Operasi Madago Raya adalah operasi gabungan Polri kemudian TNI untuk menangkap anggota Mujahidin Negara Indonesia Timur (MIT), kelompok teroris Indonesia yang mengupayakan ISIS dan juga dipimpin oleh Santoso.

Artikel ini disadur dari Deretan Jenderal Muda yang Aktif Bertugas di Brimob

CATEGORIES
TAGS
Share This