Draf RUU Polri: Usia Pensiun Kapolri Bisa Diperpanjang Presiden lewat Keppres

Draf RUU Polri: Usia Pensiun Kapolri Bisa Diperpanjang Presiden lewat Keppres

JAKARTA – Masa usia pensiun bagi anggota Polri diperpanjang bermetamorfosis menjadi 60 tahun dan juga 65 tahun bagi pejabat fungsional di dalam lingkungan Korps Bhayangkara. Hal itu termaktub pada draf Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Polri.

Ketentuan batas usia pensiun itu tercantum di Pasal 30 RUU Polri. Dengan demikian, batas usia pensiun naik dari Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam UU Nomor 2 Tahun 2002, batas usia pensiun bagi anggota Polri cuma 58 tahun dan juga 60 tahun untuk pejabat fungsional pada lingkungan Korps Bhayangkara.

“Batas usia pensiun Anggota Polri yaitu: a. 60 (enam puluh) tahun bagi Anggota Polri; juga b. 65 (enam puluh lima) tahun bagi pejabat fungsional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi jabatan tersebut,” demikian bunyi Pasal 30 ayat (2) RUU Polri.

Selain itu, RUU Polri juga memberi prospek perpanjangan usia pensiun bagi perwira membesar bintang empat atau jabatan Kapolri dengan Keputusan Presiden (Keppres) setelahnya mendapat pertimbangan dari DPR. Hal itu termaktub di Pasal 30 ayat (4).

“Perpanjangan usia pensiun bagi perwira tinggi bintang 4 (empat) ditetapkan dengan Keputusan Presiden pasca mendapat pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia,” terang Pasal 30 ayat (4).

Dalam RUU Polri ini, ketentuan di dalam Pasal 30 ditambah dua ayat. Dengan demikian jumlah agregat ayat di diktum itu berubah jadi lima. Sementara di pada UU Polri hanya sekali berjumlah tiga ayat dalam Pasal 30.

Adapun bunyi Pasal 30 yang tersebut mengatur batas usia pensiun anggota Korps Bhayangkara sebagai berikut:

Pasal 30

Artikel ini disadur dari Draf RUU Polri: Usia Pensiun Kapolri Bisa Diperpanjang Presiden lewat Keppres

CATEGORIES
TAGS
Share This