#
Eks Anggota BPK Sewa Rumah di Kemang Demi Simpan Uang Suap Rp40 Miliar

Eks Anggota BPK Sewa Rumah di Kemang Demi Simpan Uang Suap Rp40 Miliar

JAKARTA – Mantan Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi mengaku menyewa sebuah rumah ke kawasan Kemang, Ibukota Selatan. Hal itu dikerjakan demi menyimpang uang suap sebesar Rp40 miliar.

Hal itu terungkap di sidang perkara perbuatan pidana korupsi proyek BTS Bakti Kominfo dengan terdakwa Acshanul Qosasi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Uang itu merupakan pemberian dari Mantan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama. Uang dari Windi itu belakangan diserahkan untuk terperiksa pada tindakan hukum ini lainnya yakni, Sadikin Rusli sebelum akhirnya diberikan terhadap Acshanul.

“Setelah uang itu diterima, diserahkan oleh Sadikin Rusli terhadap saudara, saudara terima kan. Terus uang itu dibawa kemana?” tanya Hakim.

“Saya simpan, Pak. Di sebuah rumah di dalam Kemang,” jawab Acshanul.

Kepada Hakim, Acshanul kemudian menjelaskan rumah itu disewa tak lama setelahnya beliau menerima uang sebesar Rp40 miliar. Acshanul mengakui rumah itu tiada dihuni oleh siapa pun. “(Rumah disewa) untuk menyimpan uang itu Yang Mulia. Iya (disewa khusus menyimpan uang),” tambah dia.

Acshanul juga mengaku pada waktu itu dirinya bimbang bagaimana cara untuk memulihkan uang tersebut. Sebab menurutnya pada waktu itu memang benar mempunyai niat untuk memulihkan uang pemberian itu.

“Saya enggak kemungkinan besar bawa pulang. Saya sedang mempertimbangkan untuk memulihkan kemudian kembalikannya kan utuh Yang Mulia,” tutupnya.

Artikel ini disadur dari Eks Anggota BPK Sewa Rumah di Kemang Demi Simpan Uang Suap Rp40 Miliar

CATEGORIES
TAGS
Share This