Fitch Kerek Rating Bank Mandiri (BMRI), Ini adalah Alasannya

Fitch Kerek Rating Bank Mandiri (BMRI), Ini adalah Alasannya

Jakarta – Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings mengerek peringkat Internasional Jangka Panjang juga Jangka Pendek (International Long-Term Foreign & Local Currency Rating) Bank Mandiri, dari yang tersebut semula ‘BBB-‘ selama 4 tahun terakhir pada masa kini berubah menjadi ‘BBB’.

Fitch Ratings juga meninggikan peringkat Nasional Jangka Panjang (National Long-Term Rating), dari yang semula ‘AA+(idn)’ sejak tahun 2019 pada masa kini berubah menjadi ‘AAA(idn)’.

Adapun, pada bulan Januari 2024, lembaga pemeringkat Standard & Poor’s (S&P) juga meningkatkan peringkat (rating) Bank Mandiri, dari yang sebelumnya ‘BBB-/Stable/A-3’ berubah jadi ‘BBB/Stable/A-2’.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengutarakan peningkatan peringkat ini didasarkan pada hasil penilaian ulang lembaga pemeringkat berhadapan dengan kecenderungan dukungan pemerintah terhadap Bank Mandiri sebagai bank BUMN dengan aset terbesar serta bersifat krusial bagi sistem perbankan Indonesia.

Di samping itu, fundamental Bank Mandiri dinilai terus membaik dan juga secara relatif lebih banyak positif apabila dibandingkan bank-bank lain.

“Mereka mengawasi profil profitabilitas yang digunakan stabil dan juga sustain, kualitas aset yang terjaga dengan basis DPK yang digunakan sehat, dan juga susunan modal yang dimaksud solid, juga bermetamorfosis menjadi komponen yang dimaksud menggerakkan meningkatnya peringkat Bank Mandiri ini,” ujar Ali di informasi resmi, diambil Jumat (10/5/2024).

Ali menambahkan, dengan adanya kenaikan peringkat ini, diharapkan Bank Mandiri dapat lebih banyak menyita perhatian lebih lanjut berbagai investor, dan juga menyebabkan para penanam modal semakin yakin terhadap keberlanjutan performa Bank Mandiri ke depan.

“Perbaikan rating ini merupakan bentuk pengakuan melawan membaiknya kondisi keuangan Bank Mandiri secara berkesinambungan,” paparnya.

Sementara itu Bank Mandiri menyalurkan kredit konsolidasi sebesar Mata Uang Rupiah 1.435 triliun pada kuartal I 2024, naik 19,1% secara tahunan (yoy).

Pencapaian yang dimaksud melampaui perkembangan kredit lapangan usaha yang secara tahunan meningkat sebesar 12,4% pada akhir Maret 2024.

Di sedang ekspansi kredit tersebut, Bank Mandiri tercatat berhasil meningkatkan kualitas aset . Rasio kredit bermasalah atau  non-performing loan (NPL) gross bank only sebesar 1,02% per Maret 2024, turun 68 basis poin (bps) dari periode yang identik dalam tahun tak lama kemudian yang tersebut sebesar 1,7%.

Artikel Selanjutnya Top! 2 Direktur BMRI Hal ini Raih Sederet Apresiasi Bergengsi

Artikel ini disadur dari Fitch Kerek Rating Bank Mandiri (BMRI), Ini Alasannya

CATEGORIES
TAGS
Share This