Ganjar gencarkan riset hilirisasi tembakau di Klaten

Ganjar gencarkan riset hilirisasi tembakau di Klaten

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berbicara soal potensi menggencarkan riset hilirisasi tembakau untuk dijadikan apa saja selain rokok saat mengunjungi Gudang Tembakau Empatlima di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu.

“Di luar rokok, untuk apa saja? Kosmetikkah, farmasikah, macam-macam; dan itulah kalau kami bicara, ada riset hilirisasi tembakau bisa diproses untuk apa saja,” kata Ganjar di Klaten, Jawa Tengah, Rabu.

Ganjar turun langsung ke Klaten untuk menyerap aspirasi petani, pengusaha, serta masyarakat setempat terkait komoditas tembakau.

Dia mengatakan berharap para petani tembakau di Klaten dapat belajar dari sejumlah daerah di Jawa Tengah yang bisa mengekspor tembakau-tembakau berkualitas tinggi dan menjadi salah satu komoditas unggul pada sektor pertanian.

Contohnya, lanjut Ganjar, srintil (tembakau grade G dan H) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang harganya bisa mencapai Rp850.000 per kilogram.

Ganjar menilai komoditas yang bisa menjadi unggulan produk dalam negeri Indonesia itu mesti mendapat perhatian dari pemerintah di tempat yang paling bagus, yaitu Provinsi Jawa Tengah.

“Butuh tempat riset agar bisa berkembang. Jangan dimatikan, sehingga orang akan bisa bicara (tembakau), benih yang bagus, terus bagaimana memproduksi yang baik, kegunaannya untuk apa saja,” ujarnya.

Ganjar mengawali rangkaian kampanye, Rabu, dengan sarasehan bersama petani tembakau Asepan Gudang Tembakau Empatlima di Klaten.

Agenda kampanye Ganjar di Klaten selanjutnya ialah mengunjungi tempat wisata di Kecamatan Tulung, Klaten, untuk berdiskusi dengan para pelaku wisata dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Rabu siang, mantan gubernur Jawa Tengah itu akan mengikuti sarasehan bersama milenial, generasi Z, pemengaruh media sosial, serta relawan muda Klaten di Gedung Pertemuan Grha Bung Karno.

Rangkaian kampanye Ganjar di Klaten ditutup dengan konsolidasi internal tim pemenangan dan caleg parpol koalisi di Pendopo Tirtokusumo Grha Bung Karno.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

CATEGORIES
TAGS
Share This