Ganjar punya catatan jelang debat ketiga terkait isu geopolitik

Ganjar punya catatan jelang debat ketiga terkait isu geopolitik

IndoPolitik.com – Klaten – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku mempunyai catatan mendekati debat ketiga calon presiden-calon perwakilan presiden Pemilihan Umum 2024 pada 7 Januari 2024 dengan tema terkait isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional lalu geopolitik.

“Catatannya pasti terkait dengan kondisi dunia pada waktu ini, bagaimana dunia sudah ada semakin multipolar (mempunyai tambahan dari satu kutub), kemudian orientasi masing-masing negara pasti akan disesuaikan dengan kepentingan nasionalnya,” kata Ganjar di tempat Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa malam.

Pertama, kata Ganjar, orientasi urusan politik luar negeri Indonesia yang digunakan menganut prinsip bebas-aktif.

Bagaimana gagasan untuk mengadaptasi kepentingan nasional di area dalamnya sesuai dengan inovasi seperti kondisi bonus demografi 2045 serta lainnya di area sektor energi, pangan, juga perkembangan dunia digital.

“Maka, kita mesti memilah juga memilih,” kata Ganjar.

Pertimbangan untuk memilah lalu memilih itu adalah relasi-relasi dengan bangsa lain yang digunakan mesti didorong, termasuk dengan aktivitas urusan politik bebas dan juga berpartisipasi Indonesia di dalam pada menciptakan perdamaian dunia.

Kedua, bagaimana gagasan mengenai pertahanan negara untuk mengadaptasi kepentingan nasional pada dalamnya, seperti konflik di tempat Laut Natuna Utara lalu perbatasan lainnya dengan dunia yang dimaksud ada dalam sekitar wilayah Indonesia.

Lalu aktivitas Indonesia untuk menghadapi kondisi konflik di area beberapa negara yang digunakan belum selesai.

Ketiga, bagaimana pengoptimalan hubungan luar negeri dengan negara-negara anggota ASEAN bisa saja mengadaptasi kepentingan-kepentingan nasional pada sektor pangan, energi, lalu termasuk pertahanan.

“Saya kira itu yang akan menjadi isu besok,” kata Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah lama menetapkan tiga pasang capres-cawapres kontestan Pilpres 2024 pada Senin, 13 Desember 2023.

 
Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan juga Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
KPU RI sudah pernah mengadakan debat pertama antarcapres di dalam Kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (12/12). Tema debat pertama adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan juga kerukunan warga.
 
Selepas debat pertama, KPU menyelenggarakan debat kedua yang digunakan melibatkan tiga cawapres di dalam Ibukota Indonesia Convention Center (JCC), Jakarta, Hari Jumat (22/12).
 
Tema debat kedua meliputi sektor ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN kemudian APBD, infrastruktur, serta perkotaan.
CATEGORIES
TAGS
Share This