Gus Yahya Bicara Komposisi Kabinet Prabowo-Gibran: Insyaallah Paling Tidak Separuhnya NU

Gus Yahya Bicara Komposisi Kabinet Prabowo-Gibran: Insyaallah Paling Tidak Separuhnya NU

JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya bicara komposisi kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia menyatakan kemungkinan setengah dari komposisi kabinet Prabowo-Gibran merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU).

Gus Yahya mengaku tidak ada wajib menyiapkan nama calon menteri dari PBNU untuk kabinet Prabowo-Gibran. “Eggak usah disiapkan, telah siap sendiri banyak itu, berbagai yang dimaksud telah siap dengan sendirinya, tidaklah usah disiapkan,” kata Gus Yahya di konferensi pers dalam Kantor PBNU, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Dia mengatakan, NU merupakan fakta demografis atau realitas demografis. Dia menjelaskan, NU bukanlah faksi politik.

“Nanti kalau telah jadi kabinet, sampean tanyain satu-satu, insyaallah ada (kader NU, red). Nah paling tak separuhnya NU, kalau tidaklah malah NU semua, gitu aja,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gus Yahya mengungkapkan bahwa secara geografis mayoritas warga Tanah Air adalah kalangan NU. Untuk itu beliau menyebut, mampu semata menteri pada kabinet Prabowo-Gibran semuanya adalah kalangan NU.

“NU itu tidak fraksi urusan politik tapi realitas demografis. Jadi, misalnya jangan tanya ada berapa representasi NU dalam kabinet. Kalau secara demografis penduduk Indonesi ini separuhnya NU. Ya nanti jangan-jangan menterinya NU semua, jangan kaget,” kata Gus Yahya pada Kantor PBNU DKI Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Artikel ini disadur dari Gus Yahya Bicara Komposisi Kabinet Prabowo-Gibran: Insyaallah Paling Tidak Separuhnya NU

CATEGORIES
TAGS
Share This