Healing pada Tepian Sungai Selangis, Aroma Bunga Kopi Menyelinap ke Dalam Tenda dalam Dusun Camp

Pagaralam – Sebagaimana daerah-daerah lainnya dalam Sumatra Selatan, ketika ini petani ke Pagaralam sedang bersukacita menyambut musim panen kopi ke wilayah itu. Sukacita makin bermetamorfosis menjadi seiring harganya yang melangit hingga Rupiah 60 ribu per kilogramnya. Tapi tidak perihal biaya kopi yang dimaksud membesar yang tersebut akan diperbincangkan melainkan sebuah tempat liburan di antara perkebunan kopi juga sungai dalam lereng Gunung Dempo.

Akhir pekan sesudah itu Tempo sempat merasakan dengan segera nikmatnya aroma bunga kopi yang harum semerbak hampir sepanjang hari. Aroma itu banyak “menggangu” suasana liburan keluarga. Bahkan, aroma dari bunga-bunga berwarna putih agak kecoklatan itu juga menyeruak kemudian menyelinap hingga ke pada cabin dan juga tenda-tenda kemping yang tersebut ada pada Riversides Dusun Camp, Tanjung Agung, Dempo Utara, kota Pagaralam, Sumatera Selatan. 

Ya, Riversides Dusun Camp, Tanjung Agung sebuah tempat healing asik yang dimaksud berjarak semata-mata sekitar 12 KM dari alun-alun kota Pagaralam ke arah Tanjung Sakti. Di dalamnya, pengunjung dapat memilih tenda kemping sesuai dengan keperluan kemudian bajet dapat tenda besar, kecil atau yang mana berukuran sedang. Tidak wajib khawatir, pengelola juga memperbolehkan tamunya datang semata-mata untuk sekedar menikmati pemandangan alam sekitar.

Sungai Selangis Kecil mengalir deras di sedang objek wisata Riversides Dusun Camp Pagaralam. Destinasi ini bisa jadi dijadikan tempat kemping serta bermain air. TEMPO/Parliza Hendrawan

Leo, salah orang pengelola Riverside Dusun Camp menyampaikan ada sekitar 29 tenda yang dimaksud siap disewakan pada para pelancong. Khusus pemanfaatan di dalam akhir pekan beliau mengingatkan agar memasan terlebih dahulu agar tidaklah kehilangan kesempatan bermalam ke Daerah Aliran Sungai atau DAS Selangis Kecil itu. “Ada beberapa tenda yang digunakan kami berih sekat pembatas agar sanggup menyimpan privasi tamu yang digunakan sedang menginap,” kata Leo, Rabu, 15 Mei 2024. 

Mey yang tersebut juga pengelola Riversiden Dusun Camp menambahkan tamu yang digunakan datang dapat memilih beragam pilihan tenda untuk bermalam seperti Barrel A untuk 4 penduduk dengan tarif sewa Rp600 ribu, tenda keluarga untuk 4 penduduk dengan tarif sewa Rp500 ribu ke hari biasa dan juga Rp600 ribu pada akhir pekan. Selain itu masih ada 6 tipe tenda lagi yang bisa saja dipilih oleh para wisatawan

Tenda Barrel Riverside A dilengkapi dengan kasur, bantal,selimut, rak, lampu, colokan, air mineral, meja makan, sabun lalu shampo, teras kemudian jaring santai, kamar mandi air hangat, api unggun, river tubing. 

Sebagai local tourist, kali ini Tempo hanya saja bermain air di pinggiran sungai yang mana mengalir hingga ke sungai Lematang itu lalu mencicipi aneka minuman dan juga makanan yang digunakan tersedia dalam buku menu. Meskipun belum dapat merasakan secara langsung empuknya kasur pada pada tenda yang mana disiapkan oleh para pengelola tapi feel-nya telah terasa.

Hanya belaka kata pengunjung, tarif yang digunakan ditawarkan sangat sebanding dengan kenikmatan yang tersebut di dapat. “Tadi pagi usai sarapan kami secara langsung turun ke sungai dan juga terasa betul dingin airnya sampai ke tulang,” kata Adit akhir pekan lalu. 

Objek wisata Riversides Dusun Camp Pagaralam berada diantara kebun kopi lalu sungai Selangis. Destinasi ini sanggup dijadikan tempat kemping kemudian bermain air. TEMPO/Parliza Hendrawan

Bila ingin merasakan sensasi lainnya, pengunjung dapat menyewa motor ATV seharga Rp80 ribu sekali jalan selama 15 menit. Rutenya lumayan menantang mulai dari depan boks tiketing, menyeberangi sungai Selangis hingga masuk ke perkebunan kopi. Karena beberapa pekan terakhir rutin diguyur hujan, siap-siap cuma untuk kecipratan lumpur pada sepanjang rute yang mana dilalui. 

Usai bermain air ataupun ber-ATV ada baiknya mencicipi beberapa menu yang disiapkan para juru masak seperti Bandrek, Wedang Uwuh, aneka ragam jus buah, pisang bakar, roti bakar. Pengelola juga menyiapkan makanan berat semacam Nasi Pindang, Nasi Iwak Brenkes hingga menu grill, shabu. 

Dusun Camp berada kurang tambahan 1 kilometer dari kantor kelurahan Agung Lawangan, Pagaralam. Lokasinya berada pada sebelah kiri jalan bila awalnya dari pusat kota. Perlu diingat, dari pinggir jalan lintas ke posisi maka pengunjung akan meniti jalan aspal yang digunakan sebagian besar hanya sekali mampu dilalui oleh satu kendaraan roda empat lantaran ke sisi kiri kemudian kanan jalan merupakan rumah-rumah penduduk setempat. Harap bersabar kemudian saling pengertianya manakala berpapasan dengan kendaraan lainnya. 

: Wisata pada Kaki Gunung Dempo Pagar Alam Dinilai Aman, Pendaki Dilarang Mendekati Kawah

Artikel ini disadur dari Healing di Tepian Sungai Selangis, Aroma Bunga Kopi Menyelinap ke Dalam Tenda di Dusun Camp

CATEGORIES
TAGS
Share This