Jelang Tahun Baru, Kasus Aktif Covid-19 di RI Capai 2.652 Orang

Jelang Tahun Baru, Kasus Aktif Covid-19 di RI Capai 2.652 Orang

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus aktif penularan virus Covid-19 melonjak mencapai 2.652 orang.
Kasus aktif merupakan temuan kasus warga yang terinfeksi Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit ataupun isolasi mandiri.

Berdasarkan data Kemenkes di laman Infeksi Emerging per Minggu, 24 Desember 2023 pukul 16.00 WIB, juga terlihat ada penambahan kasus konfirmasi Covid-19 harian sebesar 266 kasus.

Kemenkes juga melaporkan kasus konfirmasi mingguan meningkat hingga 243 persen. Tren peningkatan terlihat di 22 provinsi Indonesia.

Namun demikian, keterisian tempat tidur rumah sakit masih aman. Dari 26.613 tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang tersedia di seluruh Indonesia, penggunannya hanya 357 yang terpakai atau 1,34 persen.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu sebelumnya meminta masyarakat untuk segera melengkapi vaksin Covid-19.

Selain melindungi diri dengan vaksinasi, Maxi juga meminta masyarakat untuk menerapkan penggunaan masker saat sakit atau pada tempat umum yang beresiko penularan Covid-19, terutama bagi lansia dan penyandang komorbid.

“Segera periksakan diri jika sakit dan memiliki gejala Covid-19 seperti demam, batuk, pilek, sesak nafas dan kalau tes Covid-19 positif, maka lakukan isolasi,” ujar Maxi.

Maxi juga memerintahkan Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya tetap memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 setelah kasus penularan virus corona melonjak beberapa waktu terakhir.

Selain itu, Kemenkes meminta kepala dinas kesehatan seluruh Indonesia mengamati penularan kasus Covid-19 di wilayah masing-masing.

CATEGORIES
TAGS
Share This