Jokowi Diminta Tahan Libido Berkuasa dengan Netral pada pemilihan raya 2024

IndoPolitik.com – JakartaForum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk tetap memperlihatkan netral di pemilihan umum 2024 menyusul pernyataannya mengenai presiden boleh berpihak. Kekuasaan juga sumber daya besar yang dimaksud dimiliki Jokowi sebagai presiden juga sudah ada dikhawatirkan beberapa jumlah pihak.

“Menjadi bijaksana apabila Presiden Jokowi sanggup menahan libido berkuasanya dengan menjunjung netralitas pada pemilihan umum 2024,” kata FITRA di keterangan tertoreh pada Jumat, 26 Januari 2024. 

Jokowi mengatakan, pernyataannya di tempat Lanud Halim Perdanakusuma, Ibukota Timur, pada Rabu, 24 Januari 2024, mengenai presiden boleh berpihak lalu kampanye sesuai dengan undang-undang. Ia merujuk pada untuk undang-undang pemilihan umum no 7 tahun 2017 pasal 299, yang dimaksud menyatakan bahwa presiden juga duta presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye. 

Kemudian ia juga mengacu pasal 281, yang dimaksud mengatakan kampanye pemilihan umum yang mana mengikutsertakan presiden duta presiden harus memenuhi ketentuan – tidak ada menggunakan infrastruktur pada jabatan kecuali prasarana pengamanan dan juga menjalani cuti pada luar tanggungan negara.

 FITRA – organisasi yang bergerak pada bidang kontrol sosial untuk transparansi proses-proses penganggaran negara, memberi perhatian pada prospek anggaran masyarakat dimanfaatkan di melanggengkan kekuasaan dinasti. Dalam konteks anggaran publik, presiden memiliki sumber daya pada bentuk alokasi anggaran untuk pengamanan sosial sepanjang tahun 2019-2024 sebesar Rupiah 2.668 triliun, atau anggaran bansos sepanjang tahun 2019-2024 sebesar Simbol Rupiah 953,9 triliun. 

“Bahkan presiden sendiri miliki alokasi anggaran yang dimaksud bersumber dari BUN (Bendahara Umum Negara) untuk inisiatif Bansos Presiden,” kata FITRA.

Selanjutnya Koordinator Staf Presiden sebut bansos tak ada kaitan dengan Pemilu….

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
CATEGORIES
TAGS
Share This