KAHMI Dukung Kejagung Usut Tuntas Korupsi Tambang

KAHMI Dukung Kejagung Usut Tuntas Korupsi Tambang

JAKARTA – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) menyokong penuh Kejaksaan Agung (Kejagung) mengusut tuntas tindakan hukum korupsi sektor pertambangan. Pasalnya, pertambangan yang dimaksud merupakan salah satu sumber daya alam (SDA) dimandatkan pemanfaatannya untuk kesejahteraan rakyat.

“Tambang itu sesuatu yang dimaksud diamanahkan Allah terhadap bangsa Tanah Air yang tersebut juga sudah ada diamanahkan oleh konstitusi kita di Pasal 33. Tentu sebesar-besarnya (dimanfaatkan) untuk kemakmuran rakyat,” kata Presidium Majelis Nasional KAHMI Romo HR Muhammad Syafi’i dikutip, Mingguan (12/5/2024).

“Jadi, saya kira, memberikan perhatian terhadap pertambangan itu sebuah keharusan lantaran itu telah diamanahkan oleh konstitusi kemudian undang-undang,” sambung politikus Partai Gerindra ini.

Romo Syafi’i berpendapat, para pelaku korupsi pertambangan tergolong penjahat lantaran mengganggu kerja-kerja pemerintah menyejahterakan rakyat. Maka itu, ia menyokong kejaksaan mengusut tuntas kasus-kasus terkait.

“Mereka yang tersebut melakukan penyimpangan, saya kira, ini kan satu di antaranya penjahat, ya. Penjahat akibat tambang itu tak untuk kesejahteraan rakyat. Karena itu, kita percayakan untuk aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas, jangan setengah-setengah. Apalagi, terlibat mengambil keuntungan dari penyimpangan pertambangan itu,” imbuhnya.

Diketahui, Kejagung sebelumnya mengusut tindakan hukum korupsi pertambangan ore nikel di wilayah IUP PT Antam Tbk dalam Blok Mandiodo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kerugian negara mencapai Rp5,7 triliun juga melibatkan swasta, pihak PT Antam kemudian kementerian terkait.

Kejagung ketika ini mengusut persoalan hukum dugaan korupsi tata niaga timah ke kawasan IUP PT Timah Tbk dalam Bangka Belitung pada 2015-2022 dengan kerugian negara Rp271 triliun. Sebanyak 21 pendatang telah dilakukan ditetapkan sebagai tersangka.

Artikel ini disadur dari KAHMI Dukung Kejagung Usut Tuntas Korupsi Tambang

CATEGORIES
TAGS
Share This