Kasus Korupsi Bansos, Ivo Wongkaren Dituntut 13 Tahun Penjara lalu Denda Rp1 Miliar

Kasus Korupsi Bansos, Ivo Wongkaren Dituntut 13 Tahun Penjara lalu Denda Rp1 Miliar

JAKARTA – Ketua Tim Penasihat PT Primalayan Teknologi Persada (PTP) Ivo Wongkaren dituntut 13 tahun penjara di tindakan hukum dugaan korupsi penyaluran bansos beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Proyek Keluarga Harapan (PKH) 2020 sampai 2021 di Kementerian Sosial (Kemensos).

Tuntutan itu diungkapkan Jaksa penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) pada sidang yang dijalankan di Pengadilan Tipikor, DKI Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024).

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ivo Wongkaren sebagai pidana penjara selama 13 tahun dikurangi selama terdakwa berada di di tahanan dan juga pidana denda sebesar Rp1 miliar subsider 12 bulan kurungan dengan perintah terdakwa tetap ditahan,” kata Jaksa ketika membacakan tuntutannya.

JPU KPK juga menuntut agar terdakwa Ivo Wongkaren dihukum untuk membayar uang pengganti sebesar Rp120.118.816.820 dikurangi dengan harta benda milik terdakwa Ivo Wongkaren yang tersebut telah disita dengan ketentuan apabila sisa uang substitusi setelahnya dikurangkan barang bukti yang tersebut dirampas untuk negara bukan dibayar selambat-lambatnya 1 bulan setelahnya putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

“Jika pada jangka waktu yang disebutkan terdakwa bukan membayar uang perwakilan maka harta bendanya disita oleh jaksa dan juga dilelang untuk menutupi uang pengganti, pada hal terpidana tak mempunyai harta benda yang mana mencukupi membayar uang alternatif maka dipidana selama 5 tahun,” ujarnya.

Tak hanya sekali itu, JPU juga menuntut agar menjatuhkan pidana tambahan terhadap barang yang tersebut dipergunakan utk melakukan sarana kejahatan yaitu satu bidang tanah beserta bangunan yang digunakan ada ke atasnya terletak di Jalan Gandaria 4 Nomor 4 Ibukota Indonesia selatan dirampas untuk negara.

Tak semata-mata Ivo, JPU KPK di sidang ini juga menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Roni Ramdhani pidana 10 tahun penjara, dikurangi selama terdakwa berada di dalam di tahanan, lalu pidana denda sebesar Rp1 miliar subsider 12 bulan kurungan dengan perintah terdakwa terus ditahan.

JPU menuntut terdakwa Roni Ramdani hukuman untuk membayar uang ganti sebesar Rp616.241.000 yang tersebut dikurangi dengan ketentuan apabila sisa uang substitusi pasca dikurangkan barang bukti yang digunakan dirampas untuk negara bukan dibayar selambat-lambatnya 1 bulan setelahnya putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

Artikel ini disadur dari Kasus Korupsi Bansos, Ivo Wongkaren Dituntut 13 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

CATEGORIES
TAGS
Share This