Ketua DPR Puan: Pemilihan Umum Bukan Hanya Perebutan Kekuasaan, tapi Hak Rakyat untuk Hidup Lebih Baik

IndoPolitik.com – Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Puan Maharani mengungkapkan hak rakyat pada mengikuti pemilihan 2024 mesti dijamin lalu tidaklah boleh dihalang-halangi. Menurut Puan, pada pemilihan raya atau pemilihan presiden atau Pilpres 2024, kedaulatan berada pada tangan rakyat. 

“Kedaulatan berada pada tangan rakyat kemudian melalui pilpres rakyat memilih presiden kemudian delegasi presiden. Rakyat juga memiliki perwakilannya dalam DPR RI, juga DPRD RI. pemilihan bukanlah belaka perebutan kekuasan negara secara konstitusional bagi partai politik, akan tetapi adalah hak rakyat untuk dapat hidup lebih lanjut baik, tambahan mudah, serta lebih tinggi sejahtera,” kata Puan di pidatonya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023-2024, di area Parlemen, Senayan, pada Selasa, 16 Januari 2024. 

Pemilu bagi rakyat, kata Puan, merupakan kesempatan bagi mereka untuk dapat mengangkat harkat serta martabat hidup. Menurutnya, pemilihan raya adalah jalan untuk miliki hidup lebih tinggi nyaman lalu sejahtera. 

“Bagi rakyat, pilpres merupakan kesempatan bagi dirinya untuk dapat mengangkat harkat kemudian martabat hidupnya bagi rakyat. Rakyat pada menjalankan kedaulatannya menggunakan hak pilih harus dijamin bahwa hak rakyat yang disebutkan dilaksanakan dengan bebas, rahasia, jujur, juga adil,” kata Puan.  

Menurut Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP itu, hak rakyat pada mengikuti pemilihan raya tak boleh dihalang-halangi, ditekan, dimanipulasi, dan juga lain sebagainya. Menurut Puan, seluruh komponen bangsa wajib menjaga komitmen tersebut. 

“Hak rakyat yang dimaksud tak boleh dihalangi-halangi ditekan, dimanipulasi, kemudian lain sebagainya. Semua lembaga negara legislatif, eksekutif, yudikatif, KPU, Bawaslu, TNI, Polri, ASN, partai politik, dan juga berbagai komponen bangsa lainnya wajib menjaga komitmen,” kata Puan. Menurut dia, komitmen itu juga tertuang pada konstitusi bahwa Pemilihan Umum harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, juga adil. 

Tak hanya saja itu, Puan mengungkapkan institusinya mengklaim miliki komitmen tinggi untuk mewujudkan pemilihan 2024 agar berjalan secara demokratis, jujur, lalu adil. Menurut dia, kedaulatan rakyat mesti dilaksanakan secara demokratis. 

“DPR RI miliki komitmen yang tersebut tinggi untuk mewujudkan pemilihan 2024 lalu demokratis, jujur, kemudian adil. Keadilan rakyat yang digunakan dilaksanakan secara demokratis,” kata dia. 

Pilihan Editor: PDIP Terima Pengunduran Diri Maruarar Sirait, Hasto Bilang Dia Berhasil jadi Pengusaha

CATEGORIES
TAGS
Share This