Ketua KPU Sangkal Perkara Dugaan Kasus Asusila, Kuasa Hukum Korban: Lihat Nanti di dalam Putusan

Ketua KPU Sangkal Perkara Dugaan Kasus Asusila, Kuasa Hukum Korban: Lihat Nanti di dalam Putusan

JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) , Hasyim Asy’ari membantah seluruh pokok perkara pada sidang dugaan tindakan hukum asusila terhadap Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Hal ini direspons kuasa hukum korban.

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Tanah Air (LKBH FKUI) melalui kuasa Hukum korban, Aristo Pangaribuan menyebut, itu merupakan hak dari teradu untuk defense. Aristo menantang untuk mengawasi yang dimaksud lebih banyak masuk akal nanti di sidang putusan DKPP.

“Hak beliau ya defense, tapi nanti kita lihat sekadar siapa yang tambahan masuk akal di dalam putusannya,” kata Aristo dalam Kantor DKPP, Gambir, Ibukota Indonesia Pusat, Rabu (22/5/2024).

Aristo optimistis permohonan pengadu akan dikabulkan didasari beberapa orang bukti yang digunakan dinilai lebih tinggi kuat tersebut. “Kami sih optimis ya bahwa permohonan kami akan dikabulkan lalu bukti-bukti kami jauh-jauh lebih tinggi kuat,” ujarnya.

Sebelumnya, DKPP mengadakan sidang dugaan tindakan hukum asusila yang tersebut menyeret Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari secara tertutup selama kurang lebih lanjut delapan jam pada Rabu (22/5). DKPP juga turut menghadirkan pihak pengadu baik kuasa hukum maupun korban juga beberapa jumlah saksi.

Hasyim membantah semua pokok perkara dari pengadu juga kuasa hukum mengenai dugaan perkara asusila terhadap PPLN di sidang etik pada DKPP.

“Semua hal yang dimaksud berubah jadi pokok perkara yang dimaksud diajukan oleh pengadu maupun melalui kuasa hukumnya sudah ada saya jawab semua dan juga kemudian pada intinya apa yang dituduhkan atau apa yang dimaksud dijadikan dalil aduan untuk saya, saya bantah semua. Saya bantah lantaran apa? Karena bukan sesuai dengan fakta yang digunakan sesungguhnya,” kata Hasyim usai persidangan.

“Jadi ada poin-poin atau ada sekian sejumlah pokok persoalan yang digunakan dituduhkan untuk saya semuanya saya bantah, bukanlah sekadar mau membantah dikarenakan memang benar faktanya tidak ada demikian,” tutupnya.

Artikel ini disadur dari Ketua KPU Sangkal Perkara Dugaan Kasus Asusila, Kuasa Hukum Korban: Lihat Nanti di Putusan

CATEGORIES
TAGS
Share This