Performa Kader PDIP di area Parlemen Menurun, Hasto Sebut Hasil Sistem Demokrasi Liberal Proporsional Terbuka

Performa Kader PDIP di area Parlemen Menurun, Hasto Sebut Hasil Sistem Demokrasi Liberal Proporsional Terbuka

IndoPolitik.com – Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengakui adanya kinerja kadernya pada parlemen yang dimaksud berkurang ketika jelang kampanye pemilihan presiden atau Pilpres 2024 juga pemilihan umum atau Pemilu. Menurut Hasto, situasi ini lantaran praktik demokrasi liberal melalui proporsional terbuka yang dimaksud berdampak pada personifikasi.

“Ya memang sebenarnya di area di kajian kami, PDIP cenderung menurun. Itu kan praktik demokrasi liberal yang digunakan kemudian terjadi personifikasi,” kata Hasto dalam Bentara Budaya Jakarta, Ibukota Pusat, pada Senin, 15 Januari 2024. 

Hasto menyampaikan sejak awal pihaknya memang benar mengajukan sistem pemilihan umum dengan proporsional tertutup, tetapi usulan itu ditolak. Hasto menyebut, sistem proposional terbuka seperti sekarang berdampak pada sistem yang tersebut individualistik berbasis pada modal untuk berburu elektoral serta memasang baliho-baliho. 

“Ya sebenarnya kami kan berjuang untuk proporsional tertutup, tapi itu kan ditolak. Kami dikepung. Ketika sistemnya individualistik, ya, seperti ini semua berburu elektoral, berburu suara. Ketika sistem pilpres liberal seperti ini, individualistik, berbasis modal untuk memasang baliho-baliho, ya, hasilnya seperti ini,” kata Hasto. 

Padahal, kata Hasto, kekuatan kolektif melalui satu komando ideologi partai bisa saja mengubah Indonesia. Menurut Hasto, di area di partainya terdapat falsafah keberpihakan terhadap penduduk kecil. 

“Di dalamnya ada falsafah keberpihakan untuk wong cilik. Itulah yang digunakan harus dijabarkan di tindakan kebijakan pemerintah melalui pergerakan kader partai yang disiplin, sementara kelembagaan partai belum menjadi jawaban PDI Perjuangan, maka melakukan pelembagaan partai, kami memulai pembangunan sistem memulai pembangunan 126 kantor di 2 tahun terakhir kami miliki kapal Laksamana Malahayati sehingga seluruh caleg PDI Perjuangan partisipan incumbent nya justru bergerak makin masif di area akar rumput ini sebagai jawaban,” kata Hasto. 

Kekuasaan untuk Keluarga Tak Akan Langgeng

Hasto Kristiyanto menyampaikan kekuasaan untuk kepentingan jangka pendek tiada akan langgeng. Hasto menyampaikan salah satu contohnya adalah untuk kepentingan keluarga.

“Ingin membuktikan bahwa tekanan-tekanan kekuasaan selama itu kekuasaan semata-mata untuk kepentingan jangka pendek untuk kepentingan keluarga, maka bukan akan langgeng. Sementara kekuasaan yang tersebut berakar dari akar rumput itu yang akan langgeng,” kata Hasto pada waktu ditemui di dalam Bentara Budaya Jakarta, Ibukota Pusat, pada Awal Minggu petang, 15 Januari 2024. 

Selain itu, Hasto mengklaim kekuatan akar rumput akan selalu menampilkan harapan terhadap pemimpin seperti Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Selain itu, Hasto menyatakan merekan akan mampu bersikap terhadap bentuk praktik urusan politik kekuasaan yang tersebut tidak ada demokratis. 

“Kekuatan seperkasa Orde Baru pun bisa jadi rontok meskipun muncul fenomena neo Orde Baru itu kembali hadir. Karena di tempat balik intimidasi memunculkan harapan dan juga itu sudah terbukti secara empiris pada kajian kajian ilmiah. Karena kita bangsa spiritual, bangsa yang tersebut punya nilai nilai moral keagamaan kemudian kemudian merancang harapan sehingga berbagai intimidasi justru kami yakini menjadi energi juang,” kata Hasto.

Selain itu, Hasto kembali menyinggung mengenai intimidasi yang mana dialami pendukung calon presiden dan juga calon perwakilan presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md., di tempat Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. 

“Yang berdasarkan laporan kelompok hukum kami, terjadi banyak praktik-praktik pengerahan dari instrumen kekuasaan untuk meraih kemenangan lalu berhadapan dengan Pak Ganjar Pranowo juga Pak Mahfud,” kata Hasto. 

Pilihan Editor: Kubu Ganjar-Mahfud Ungkap Bakal Lakukan Ini adalah Saat Kampanye Terbuka

CATEGORIES
TAGS
Share This