KPU Banjarmasin luncurkan Si Suban sebagai maskot pemilihan gubernur 2024

KPU Banjarmasin luncurkan Si Suban sebagai maskot pemilihan gubernur 2024

Banjarmasin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Perkotaan Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meluncurkan nama Si Suban sebagai maskot pemilihan kepala tempat (Pilkada) 2024 dalam wilayah itu.

“Maskot Si Suban terinspirasi dari ikon Daerah Perkotaan Banjarmasin, yakni bangunan menara pandang siring yang tersebut menjadi salah satu tujuan kunjungan wisatawan,” kata Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah usai peluncuran Pemilihan Wali Pusat Kota juga Wakil Wali Pusat Kota Banjarmasin 2024 dalam halaman Balai Perkotaan Banjarmasin, Hari Sabtu malam.

Dia menyebutkan Si Suban merupakan singkatan dari  “Suara Urang Banjarmasin”, sekaligus juga diresmikan jingle pilkada “Ayo ke TPS” untuk sama-sama memilih pada 27 November mendatang.

“Kami juga menghadirkan musisi papan berhadapan dengan Budi Doremi untuk terlibat menyosialisasikan pemilihan kepala daerah 2024. Pada peluncuran pilkada waktu malam ini bukan cuma sekedar tahapan, tetapi bagian dari sosialisasi terhadap warga agar terlibat dan juga menyuarakan hak pilihnya,” tuturnya.

Rusnailah menjelaskan, KPU Banjarmasin sudah pernah melakukan bervariasi persiapan mendekati puncak pilkada pada November, bahkan telah dilakukan merekrut panitia pemilihan tingkat kecamatan berjumlah 25 orang, serta tingkat kelurahan banyaknya 150 pendatang yang digunakan tersebar di dalam 52 kelurahan.

Pada 13-24 Juni, lanjutnya, KPU Banjarmasin akan membentuk tim pemutakhiran data pemilih, yang digunakan akan bertugas menyambangi rumah warga untuk validasi lalu memeriksa data sesuai yang dimaksud telah diterima KPU.

“Ada sebanyak 490.012 data pemilih potensial untuk berpartisipasi pada pemilihan wali kota serta perwakilan wali kota, juga untuk pemilihan gubernur dan juga delegasi gubernur,” kata beliau pula.

Rusnailah menekankan pihaknya berikrar menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2024 pada Banjarmasin sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Karenanya, ia memohonkan seluruh pihak memperkuat setiap tahapan sosialisasi dan juga datang ke TPS untuk memilih pada 27 November mendatang.

Wali Pusat Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan pemerintah wilayah setiap saat siap bersinergi dengan KPU Banjarmasin beserta instansi lainnya untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2024 pada daerahnya.

“Kita sukseskan pemilihan gubernur 2024 dengan sebaik-baik ya untuk keberlanjutan pembangunan Perkotaan Banjarmasin,” tutur Ibnu Sina.
 

 
Wali Daerah Perkotaan Banjarmasin Ibnu Sina (ketiga kanan) juga Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah (ketiga kiri) beserta unsur forum koordinasi pimpinan tempat (Forkopimda) ketika meluncurkan “Si Suban” sebagai Maskot pemilihan kepala daerah 2024 di dalam halaman Balai Daerah Perkotaan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Hari Sabtu (8/6/2024) malam. (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Artikel ini disadur dari KPU Banjarmasin luncurkan Si Suban sebagai maskot Pilkada 2024

CATEGORIES
TAGS
Share This