Lionel Messi kemudian Aitana Bonmati menangi penghargaan FIFA 2023

Lionel Messi kemudian Aitana Bonmati menangi penghargaan FIFA 2023

IndoPolitik.com – DKI Jakarta – Lionel Messi dimahkotai penghargaan pemain terbaik FIFA untuk 2023, sedangkan Aitana Bonmati menambahi peringkat pemain terbaik putri pada deretan peringkat yang dimilikinya, pada upacara pemberian penghargaan di dalam London, Mulai Pekan setempat atau Selasa dini hari WIB.

Messi memenangi penghargaan itu untuk ketiga kalinya, namun bintang 36 tahun itu merupakan sosok kejutan sebab Erling Haaland juga sejumlah memberi partisipasi untuk kesuksesan Manchester City.

Penghargaan itu belaka mencakup periode setelahnya Messi mengatur Argentina menjuarai Piala Global pada Desember 2022 sampai Agustus 2023.

Sepanjang masa itu, pemenang Ballon d’Or delapan kali Messi telah terjadi memutuskan untuk mengakhiri kariernya pada PSG, meskipun di area sana sempat menjuarai Turnamen Prancis, serta memilih bergabung dengan klub Turnamen Amerika Serikat Inter Miami pada Juni.

Messi dengan cepat menorehkan prestasi di dalam AS, ketika ia membantu timnya memenangi trofi pertama mereka, yakni Piala Kejuaraan Negeri Paman Sam pada Agustus.

Haaland difavoritkan untuk menjadi pemenang pasca mengemas 52 gol pada musim debutnya dalam City, sambil membantu klub itu menjuarai Kompetisi Champions, Kompetisi Inggris, dan juga Piala FA.

Setelah menerima jumlah keseluruhan poin yang mirip dari sistem pemberian nilai dari pemungutan pengumuman yang tersebut didapat dari kapten-kapten timnas, para pelatih, pewarta, juga penggemar, Messi dinyatakan berhak memenangi penghargaan tersebut.

Mantan rekan setim Messi, Kylian Mbappe, menduduki tempat ketiga.

Bagaimanapun, ketiga finalis kategori putra itu bukan mengunjungi upacara pemberian penghargaan, sehingga legenda Arsenal lalu timnas Prancis Thierry Henry mewakili Messi untuk menerima penghargaan.

Pada kategori putri, pemilihan Bonmati tidaklah mendapat keraguan pasca ia menyapu bersih penghargaan-penghargaan individual berkat kontribusinya membantu Spanyol menjuarai Piala Global Putri dan juga Barcelona memenangi Kejuaraan Champions pada 2023 pada beberapa bulan terakhir.

“Beberapa pekan lalu ketika 2023 berakhir, saya merasa seperti bernostalgia oleh sebab itu 2023 merupakan tahun yang mana begitu unik lalu luar biasa, yang akan saya kenang seumur hidup,” kata Bonmati seperti dikutipkan AFP.

Pep Guardiola terpilih sebagai pembimbing terbaik setelahnya menyebabkan City memenangi penghargaan Turnamen Championsnya untuk pertama kalinya.

“Kami berada di area di sini oleh sebab itu kami memenangi sejumlah hal lalu terdapat ribuan orang yang dimaksud terlibat di kesuksesan kami. Saya benar-benar gembira dengan musim itu, akibat itu adalah perjalanan luar biasa. Pada akhirnya, kami melakukannya, namun kegembiraan berada di area di sini begitu luar biasa,” kata Guardiola.

Penjaga gawang Manchester City Ederson terpilih sebagai kiper terbaik, sedangkan kiper Inggris kemudian Manchester United putri Mary Earps mendapat penghargaan sama untuk kategori putri.

Pelatih timnas Inggris Sarina Wiegman memenangi penghargaan instruktur terbaik putri, pasca ia menghadirkan Singa-singa betina ke final Piala Bumi putri.

Timnas Brazil putra memenangi penghargaan fair play setelahnya merekan mengenakan seragam serba hitam untuk pertama kalinya sebagai dukungan untuk Vinicius, yang mana beberapa kali mendapat pelecehan rasial pada waktu membela Real Madrid tahun lalu.

CATEGORIES
TAGS
Share This