#

Malam-malam Hary Tanoe ke Polda Metro, Ingin Lihat Aiman Witjaksono yang tersebut Sudah Sepuluh Jam Diperiksa

IndoPolitik.com – Jakarta – Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menyambangi Ditrkrimum Polda Metro Jaya tempat Aiman Witjaksono sedang diperiksa pada Hari Jumat malam, 26 Januari 2024. Saat Hary tiba dalam lokasi, pemeriksaan kader Perindo sekaligus jurnalis MNC Group itu telah berlangsung hampir sepuluhan jam.

Pantauan Tempo dalam Polda Metro Jaya, Hary tiba pada pukul 21.00 WIB. Dia mengenakan kemeja biru gelap. Bos MNC Group itu datang bersatu seseorang ajudannya juga secara langsung memasuki gedung tempat pemeriksaan Aiman berlangsung.

Hary menyatakan kehadirannya di tempat Polda Metro Jaya memang benar berhubungan dengan pemeriksaan Aiman. “Biasa, ngecek anak buah. Lihat Mas Aiman,” kata Hary pada waktu menuju ke ruang pemeriksaan.

Namun, Hary tiada mengungkapkan lebih lanjut lanjut persoalan maksud kehadirannya dalam Polda Metro Jaya di malam hari ini. Dia tak menyampaikan apakah dirinya akan terlibat memberi kesaksian di pemeriksaan Aiman.

Diketahui, Aiman Witjaksono diperiksa di area Polda Metro Jaya hari ini sebagai saksi pasca dilaporkan melawan dugaan penyebaran berita bohong mengumumkan polisi tidak ada netral. Penyidikan itu melawan dugaan tindakan pidana menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di tempat publik sebagaimana pasal 14 ayat 1 lalu atau pasal 14 ayat 2 dan juga atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud itu tiba di area Polda Metro Jaya hari ini pada jam 11.13 WIB, atau telat dari yang dijadwalkan penyidik pukul 09.00 WIB. Dia mengenakan batik didampingi kuasa hukumnya dari Barisan Advokat Keadilan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (Baki Gama) serta banyak regu pemenangan nasional pasangan calon nomor urut tiga itu.

Aiman menyatakan terlambat hadir di pemeriksaan sebab sempat terlebih dahulu mampir ke Kantor Dewan Pers. “Tadi saya sebelum ke di lokasi ini memang benar agak terlambat dikarenakan mampir ke Dewan Pers dulu dengan kawan Baki Gama 03 lalu pasukan hukum TPN Ganjar-Mahfud,” ujar Aiman pada waktu akan memulai pemeriksaannya pagi tadi.

Aiman menyatakan ke Dewan Pers terlebih dahulu untuk melaporkan pernyataan mengenai polisi tak netral masih pada kapasitas sebagai jurnalis. Sebab pada waktu ini beliau semata-mata cuti dari profesi jurnalis.

 Aiman Witjaksono menyampaikan persoalan ada oknum polisi tiada netral merupakan kritik. “Tapi kemudian berujung pada proses pidana,” tuturnya.

Aiman hadir menenteng beberapa cetakan sumber berita seperti artikel online Media Massa Indonesia serta majalah Tempo. “Apa yang digunakan saya ungkapkan juga identik persis bahkan lebih besar detail oleh beberapa jumlah media massa nasional yang dimaksud kredibel. Saya tunjukkan misalnya Media Massa Indonesia 10, 11, November 2023 persis kemudian apa yang mana disampaikan podcast Bocor Alus Tempo dan juga majalah Tempo,” ujar Aiman.

 Pilihan Editor: Kasus Naik Ke Penyidikan, Aiman Witjaksono Terancam Hukuman 10 Tahun Atas Dugaan Penyebaran Berita Bohong

SULTAN ABDURRAHMAN | DESTY LUTHFIANI

CATEGORIES
TAGS
Share This