Melihat dari Dekat Aktivitas Pemetik Daun Teh pada Kaki Gunung Dempo Pagaralam

Jakarta – Gunung Dempo berubah menjadi salah satu destinasi yang mana dituju wisatawan pada waktu ke Perkotaan Pagaralam, Sumatra Selatan. Di kaki gunung tertinggi dalam Sumatra Selatan itu, terdapat beberapa objek wisata yang dimaksud bisa saja jadi tempat healing, salah satunya adalah kebun teh. Di kebun teh milik PT Perkebunan Nusantara VII ini, wisatawan tak belaka menikmati kesegaran udaranya tetapi juga mencoba memetik pucuk daun teh layaknya petani. 

Para pemetik teh memulai aktivitasnya sejak pagi hari. Dalam sehari, mereka sanggup menghimpun berkarung-karung daun teh yang mana akan berimbal rupiah. 

Cerita Pemetik Daun Teh

Subagyo misal, pada pagi hari akhir pekan lalu, ia sama-sama puluhan rekan satu profesinya terlihat gesit memanen dengan menggunan alat panen bertenaga aki. Biasanya, kata Subagyo, di seharian penuh bekerja ia akan dapat mengakumulasi hingga 250 kilogram daun teh yang mana siap masuk tahap produksi berikutnya.

“Setelah dipetik juga dikumpulkan seperti ini, berikutnya daun ini siap dibawa ke pabrik,” kata Subagyo. 

Selain menyebabkan alat panen, pemetik pucuk teh biasanya dilengkapi dengan karung, keranjang, atau keruntung (anyaman berbentuk bakul) sebagai wadah penampung sementara hasil panen. Tak lupa, pemetik teh juga memakai topi dan juga caping sebagai alat pelindung diri dari sengatan matahari. 

Di sela-sela obrolan santai itu, Subagyo juga sempat menawarkan diri untuk berubah menjadi juru foto dadakan.

“Silakan kalau mau foto-foto, boleh juga kalau mau saya ambil foto buat masnya,” ujar Subagyo dengan ramah.

Vila Gunung Gare dalam lereng Gunung Dempo merupakan salah satu akomodasi yang tersebut bisa saja dipilih ketika berwisata ke kota Pagaralam. TEMPO/Parliza Hendrawan

Vila Gunung Gareh

Setelah lelah menjelajahi kebun teh, wisatawan dapat beristirahat ke penginapan pada kawasan itu. Di sedang kebun teh ini terdapat Vila Gunung Gare. Ada puluhan bangunan rumah yang tersebut didirikan satu-satu di dalam antara rimbunan pohon-pohon peneduh dalam kaki gunung yang dimaksud tergolong terlibat ini. 

Vila Gunung Gareh baiknya dipesan untuk rombongan besar agar terasa lebih banyak murah. Biasanya setiap vila dapat diisi untuk lebih banyak dari satu keluarga sebab setiap-tiap akomodasi ini terdiri lebih lanjut dari dua kamar. Dari vila ini, tamu bisa saja menikmati pemandangan kebun teh berlatar Gunung Dempo sambil menghirup udara segar pegunungan. 

PARLIZA HENDRAWAN

Artikel ini disadur dari Melihat dari Dekat Aktivitas Pemetik Daun Teh di Kaki Gunung Dempo Pagaralam

CATEGORIES
TAGS
Share This