#

Pakar Sebut Secara Psikologi Politik Mahfud Md Saat Hal ini Pasti Tak Nyaman pada Kabinet Jokowi

IndoPolitik.com – Jakarta – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menganalisa kemungkinan kebenaran isu calon duta presiden nomor urut tiga Mahfud Md tak lagi nyaman menjabat sebagai Menteri Koordinator Sektor Politik, Hukum, juga HAM atau Menkopolhukam di area Kabinet Indonesia Maju.

“Sangat mungkin saja itu terjadi. Presiden serta beberapa orang menterinya sudah ada beda pilihan kebijakan pemerintah di tempat Pilpres. Secara psikologi urusan politik pasti tak nyaman, bahkan potensial tegang,” ucapannya untuk Tempo, Jumat, 26 Januari 2024.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi lalu jajaran menterinya seperti Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, Bahlil Lahadalia, Erick Thohir, hingga Budi Arie secara jelas menggalang capres kemudian cawapres nomor urut dua Prabowo-Gibran.

“Sementara Mahfud Md juga menteri dari PDIP dan juga PPP pastinya ke kubu Ganjar-Mahfud. Begitu pun beberapa menteri PKB lalu NasDem pasti ke kubu Anies-Muhaimin. Dalam kondisi semacam ini pasti tak kondusif memulai pembangunan sinergitas kinerja kabinet,” ujarnya.

“Yang ada malah pertempuran dingin juga saling kikuk antar para menteri kemudian antar beberapa menteri yang tak membantu Prabowo dengan Jokowi,” kata Adi.

Perihal Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang tersebut diduga menahan Mahfud Md agar tiada dulu mengundurkan diri, bagi Adi ada dua kemungkinan. Menurut dia, PDIP bagaimana pun adalah partai kebijakan pemerintah yang tersebut berhak mengklaim berhadapan dengan kemenangan Jokowi sebagai presiden. 

“Sebagai partai pengusung utama dalam Pilpres, PDIP sejak awal all out menangkan Jokowi. Kemudian, kemungkinan besar juga untuk mendinginkan suasana urusan politik yang digunakan tensinya makin panas. Bisa dibayangkan jikalau menteri pendukung Ganjar-Mahfud mundur bisa jadi berdampak penting ke pemerintahan Jokowi,” kata Adi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan stabilitas pemerintahan juga kepentingan bangsa ketika ini lebih tinggi diutamakan. Selain itu, Hasto menyampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga tak mengizinkan menteri dari partainya mundur.

“Ya kalau menteri-menteri dari PDI Perjuangan, kita harus mengawasi bahwa kepentingan bangsa serta negara di area melawan segalanya. Meskipun ada yang tersebut pernah menyatakan kami sudah ada siap angkat koper, tapi buat Ibu kan stabilitas pemerintahan itu kan sangat penting akibat ujungnya rakyat,” kata Hasto ketika ditemui di area kediaman Megawati, Menteng, Ibukota Indonesia Pusat, pada Selasa, 23 Januari 2024.

Menurut Hasto, pihaknya telah biasa melintasi Pemilu. Oleh oleh sebab itu itu, tak perlu ada yang tersebut mundur, melainkn ia meminta-minta agar diperbaiki kualitasnya.

Pilihan Editor: Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak di tempat pemilihan 2024, Amien Rais: Menampakkan Kebodohannya

CATEGORIES
TAGS
Share This