Panglima Militer Iran Perintahkan Penyelidikan Jatuhnya Helikopter yang digunakan Tewaskan Presiden Raisi

Panglima Militer Iran Perintahkan Penyelidikan Jatuhnya Helikopter yang digunakan Tewaskan Presiden Raisi

TEHERAN – Panglima Militer Iran Jenderal Mohammad Bagheri memerintahkan penyelidikan menghadapi jatuhnya helikopter yang menewaskan Presiden Ebrahim Raisi kemudian rombongan.

Jenderal Bagheri telah terjadi menunjuk Jenderal Ali Abdollahi, Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata, untuk mengawasi delegasi tingkat tinggi di menyelidiki secara menyeluruh keadaan dan juga pendorong insiden tragis tersebut.

Delegasi ini bertugas mengeksplorasi semua dimensi kecelakaan untuk mengungkap alasan ke balik tragedi itu.

“Bagheri memerintahkan sebuah komite tingkat tinggi untuk meluncurkan penyelidikan mengenai penyebab jatuhnya helikopter presiden yang dimaksud muncul pada hari Minggu,” tulis media Iran, ISNA, pada laporannya pada Awal Minggu (20/5/2024).

Televisi pemerintah Iran melaporkan helikopter yang mana mengakibatkan Presiden Iran Ebrahim Raisi melakukan “pendaratan keras” pada hari Akhir Pekan ketika berkunjung ke provinsi Azerbaijan Timur.

Insiden yang dimaksud berjalan pada waktu kabut tebal menyelimuti wilayah tersebut, yang digunakan menyulitkan regu penyelamat untuk menjangkau area kecelakaan.

Helikopter itu jatuh di dalam dekat tambang tembaga bernama Sungun.

Lokasi kecelakaan itu terletak di dalam antara Jolfa juga Varzaqan di provinsi Azerbaijan Timur, Iran, serta kira-kira berjarak antara 70km (43 mil) hingga 100km (62 mil) dari kota Tabriz.

Setelah kejadian tersebut, 40 pasukan penyelamat terpisah dikirim ke kawasan hutan lalu pegunungan. Mereka akhirnya menemukan lokasi kecelakaan juga jenazah para korban, satu di antaranya Presiden Raisi.

Artikel ini disadur dari Panglima Militer Iran Perintahkan Penyelidikan Jatuhnya Helikopter yang Tewaskan Presiden Raisi

CATEGORIES
TAGS
Share This