PDIP Buka Kesempatan Koalisi dengan PKB Usung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024

PDIP Buka Kesempatan Koalisi dengan PKB Usung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024

JAKARTA – Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengakui sedang menjalin komunikasi dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Dalam komunikasi kebijakan pemerintah tersebut, dirinya sempat membicarakan prospek kedua partai mengusung Anies Baswedan pada Pilgub DKI Jakarta.

“Saya juga sudah ada ungkapkan dengan Pak Muhaimin Iskandar, kemungkinan kita akan melakukan kerja serupa politik, masuk di pada pemilihan gubernur Jakarta, kalau kemungkinan PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta,” kata Basarah ke Kantor DPP PKB, Hari Sabtu (8/6/2024).

“Maka sewaktu kerja identik kami dengan PKB direalisasi pada pemilihan kepala daerah Jakarta, sangat mungkin saja pembicaraan mengenai kerja identik kebijakan pemerintah mengenai calon yang dimaksud diusung dari PKB pada hal ini Pak Anies Baswedan, dibicarakan dengan calon yang digunakan mungkin saja akan kami usung dari PDI Perjuangan,” sambungnya.

Meski begitu, PDIP masih membuka prospek berkoalisi dengan partai manapun di pilkada tahun ini. “Oleh dikarenakan itu, mari kita tunggu beberapa waktu lagi dinamika politiknya akan seperti apa,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani mengaku partainya tertarik untuk mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan dalam Pilgub DKI DKI Jakarta 2024.

Hal ini dikatakan Puan menanggapi tentang nama Anies yang tersebut sekarang ini digadang-gadang berada dalam dipertimbangkan PDIP untuk diusung sebagai calon gubernur Ibukota Indonesia 2024-2029. “Menarik juga Pak Anies,” kata Puan dalam Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Di Pilgub Jakarta, kata dia, PDIP masih mencermati apakah nantinya akan mengusung kadernya untuk forward sebagai calon gubernur atau mempertimbangkan tokoh di luar partai. Puan mengisyaratkan jikalau partainya tak mau memaksakan kehendak.

“Ya harus realistis bagaimana mengawasi situasi pada lapangan. Karena setiap tempat itu wilayahnya itu beda-beda, ini kira-kira peluangnya ada di dalam wilayah mana,” ucapannya Ketua DPR RI ini.

Artikel ini disadur dari PDIP Buka Peluang Koalisi dengan PKB Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

CATEGORIES
TAGS
Share This