Pecahkan Rekor Sendiri, Sherpa Kami Rita Mendaki Puncak Everest ke-29 Kali

Pecahkan Rekor Sendiri, Sherpa Kami Rita Mendaki Puncak Everest ke-29 Kali

KATHMANDU – Salah satu pemandu pendakian terhebat pada Puncak Everest telah dilakukan mendaki puncak tertinggi di bumi untuk ke-29 kalinya, melanjutkan rekornya sendiri sebagai penduduk yang digunakan paling banyak mencapai puncak.

“Kami Rita mencapai puncak setinggi 8.849 meter pada hari Mingguan (14/5/2024) pukul 7:25 waktu setempat sama-sama dengan pendaki lainnya,” kata Mingma Sherpa dari pelopor ekspedisi Seven Summits Treks, dilansir AP. Dia dilaporkan pada keadaan fit serta telah pada perjalanan ke kamp-kamp yang tersebut lebih banyak rendah.

Kami Rita sudah mendaki Gunung Everest dua kali tahun lalu, mencetak rekor pendakian terbanyak pada pendakian pertama lalu menambah rekor yang disebutkan kurang dari seminggu kemudian.

Dia juga sesama pemandu Sherpa Pasang Dawa sudah bersaing satu sejenis lain untuk bersaing untuk peringkat pendaki terbanyak di puncak tertinggi dunia. Pasang Dawa memiliki 27 pendakian gunung yang dimaksud berhasil.

Kami Rita pertama kali mendaki Everest pada tahun 1994 juga sejak itu terus melakukan perjalanan yang disebutkan hampir setiap tahun. Dia adalah salah satu dari sejumlah pemandu Sherpa yang digunakan keahlian juga keterampilannya sangat penting bagi keselamatan serta keberhasilan pendaki asing setiap tahun yang dimaksud ingin berdiri ke puncak gunung.

Ayahnya adalah salah satu pemandu Sherpa pertama. Selain pendakian Everest, Kami Rita sudah pernah mendaki beberapa puncak lainnya yang mana salah satunya tertinggi di dunia, satu di antaranya K2, Cho Oyu, Manaslu, serta Lhotse.

Mingma Sherpa memaparkan cuaca di dalam gunung itu bagus kemudian mengupayakan untuk pendakian ke puncak.

Kelompok pendaki pertama mencapai puncak Everest beberapa hari yang mana setelah itu juga ada banyak pendaki lainnya yang digunakan akan mencoba mendaki gunung yang disebutkan bulan ini.

Pihak berwenang Nepal telah dilakukan mengeluarkan banyak izin pendakian terhadap pendaki asing, setidaknya sejumlah pemandu Sherpa lokal yang tersebut akan menemani merekan selama musim pendakian.

Artikel ini disadur dari Pecahkan Rekor Sendiri, Sherpa Kami Rita Mendaki Puncak Everest ke-29 Kali

CATEGORIES
TAGS
Share This