Penampakan Mercedes Benz Sprinter Syahrul Yasin Limpo yang tersebut Disita KPK

Penampakan Mercedes Benz Sprinter Syahrul Yasin Limpo yang tersebut Disita KPK

JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu mobil merek Mercedes Benz Sprinter milik mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Penyitaan yang dimaksud terkait perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Pantauan di lokasi, mobil berwarna hitam yang disebutkan berada dalam terparkir di dalam halaman belakang binaan KPK. Kaca depan sudah ditempelkan pembatas sita dari KPK yang tersebut berwarna merah hitam.

Saat mobil dibuka, bagian di telah terjadi berisi dua koper berwarna oranye serta merah. Diduga koper yang disebutkan berisi barang atau dokumen yang mana sudah pernah disita terkait persoalan hukum TPPU yang mana menjerat SYL.

Penampakan Mercedes Benz Sprinter Syahrul Yasin Limpo yang dimaksud Disita KPK

Tak lama pasca ditampilkan untuk dokumentasikan para perwarta, mobil sitaan yang dimaksud dibawa regu KPK ke rumah penyimpanan benda sitaan negara (Rupbasan) KPK di Dewi Sartika, Ibukota Timur.

“Senin (13/5), Tim Penyidik telah lama melakukan penyitaan 1 unit mobil merek Mercedes Benz Sprinter 315 CD warna hitam beserta 1 buah kunci remote mobil,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di keterangannya, Selasa (14/5/2024).

Ali menjelaskan bahwa temuan dari Tim Aset Tracing dari Direktorat Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti lalu Eksekusi KPK, mobil yang disebutkan disembunyikan ke wilayah Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jaksel.

“Mobil yang disebutkan diduga milik terperiksa SYL yang dimaksud sengaja disembunyikan lalu dipindahtangankan juga kemudian didapati di penguasaan dari pemukim terdekat dituduh tersebut,” kata Ali.

“Selanjutnya dijadikan sebagai barang bukti pada berkas perkara TPPU lalu berikutnya juga akan dikonfirmasi pada saksi-saksi satu di antaranya tersangka,” tambahnya.

Perlu diketahui, KPK menetapkan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai dituduh persoalan hukum Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). “Tersangka SYL turut pula disangkakan melanggar Pasal 3 lalu atau 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata pada Gedung KPK, Jakarta, hari terakhir pekan 13 Oktober 2023.

Artikel ini disadur dari Penampakan Mercedes Benz Sprinter Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

CATEGORIES
TAGS
Share This