Perang Hamas Vs Israel Menggila, Ini Respons Pemimpin Dunia

Perang Hamas Vs Israel Menggila, Ini Respons Pemimpin Dunia

IndoPolitik.com –

Jakarta – Para pemimpin dunia pada masa saat ini berbondong-bondong melakukan upaya pencegahan agar konflik Israel lalu juga kelompok Hamas Palestina tiada ada menyebar ke wilayah yang digunakan digunakan menjadi kunci pasokan energi global.

Salah satunya adalah Amerika Serikat (AS) kemudian Rusia. Kedua negara ini memimpin seruan internasional untuk menghentikan pertempuran antara Israel juga Hamas guna mengizinkan bantuan masuk ke Jalur Gaza yang dimaksud digunakan saat ini terkepung.

Di PBB, AS kemudian juga Rusia mengajukan rencana yang mana dimaksud saling bersaing mengenai bantuan kemanusiaan bagi warga sipil Palestina. Washington sudah pernah menyerukan jeda juga Rusia menginginkan gencatan senjata kemanusiaan. Jeda umumnya dianggap kurang formal lalu lebih besar lanjut pendek dibandingkan gencatan senjata.

“Seluruh dunia mengharapkan seruan Dewan Keamanan untuk segera melakukan gencatan senjata tanpa syarat,” kata Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia kepada Dewan Keamanan, seperti dikutip Reuters.

Negara-negara Arab juga dengan tegas menggalang seruan gencatan senjata kemanusiaan pada tengah meluasnya kehancuran bangunan pada Gaza.

“Kami menyesali ketidakmampuan dewan ini dua kali untuk mengadopsi resolusi atau bahkan menyerukan gencatan senjata untuk mengakhiri perang ini,” kata Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pekan lalu menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera pada tempat Gaza.

“Meskipun kami tetap menentang gencatan senjata, kami pikir jeda kemanusiaan terkait dengan pengiriman bantuan yang dimaksud yang masih memungkinkan Israel melakukan operasi militer untuk mempertahankan diri patut dipertimbangkan,” kata orang pejabat senior AS.

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden serta Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman juga menyetujui perluasan diplomasi untuk menjaga stabilitas di area area seluruh kawasan kemudian juga mencegah konflik meluas. Hal ini disampaikan Gedung Putih setelah kedua pemimpin berbicara melalui telepon pada Selasa (24/10/2023).

AS sendiri sudah pernah dijalankan menyarankan Israel untuk menunda rencana serangan darat ketika Washington berupaya membebaskan lebih banyak tinggi dari 200 lebih tinggi banyak sandera yang tersebut mana masih disandera Hamas di tempat area Gaza.

Namun, ketika ditanya apakah dia mendesak Israel untuk menunda invasi daratnya, Biden mengatakan kepada wartawan: “Israel mengambil keputusan sendiri.”

Duta Besar Iran untuk PBB Amir Saeid Iravani mengatakan kepada Dewan Keamanan pada Selasa bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah lama lama berusaha untuk menyalahkan Iran atas perang Israel-Hamas.

“Komitmen kami terhadap perdamaian juga stabilitas regional tetap teguh,” katanya. “AS semakin memperburuk konflik dengan secara terang-terangan memihak pihak agresor dengan mengorbankan penduduk Palestina yang mana digunakan tak bersalah.”

Artikel Selanjutnya Ada Iran dalam Balik Serangan Hamas ke Israel? Ini Faktanya

TOPIK Panas Perang Hamas VS Israel Ikuti Perkembangannya pada dalam Sini >

CATEGORIES
TAGS
Share This