Perlintasan Rafah Direbut Israel, Makanan Tersisa Kurang dari Sepekan ke Daerah Gaza Selatan

Perlintasan Rafah Direbut Israel, Makanan Tersisa Kurang dari Sepekan ke Daerah Gaza Selatan

RAFAH – Para pengungsi Palestina dalam Kawasan Gaza berada dalam dan juga selatan hanya saja miliki sisa makanan untuk kurang dari seminggu, setelahnya tanah Israel merebut perbatasan Rafah pekan lalu.

Pada 6 Mei 2024, militer negara Israel mengambil “kontrol operasional” perlintasan Rafah di sisi Palestina yang dimaksud merupakan persimpangan antara Wilayah Gaza selatan lalu Mesir.

Aksi pasukan tanah Israel pada dasarnya memutus aliran bantuan ke area kantong pantai tersebut.

“Sejak itu, hanya saja enam truk makanan yang mana memasuki Daerah Gaza melalui penyeberangan Karem Abu Salem (Kerem Shalom) dengan Israel,” ungkap Juliette Touma, juru bicara badan pengungsi Palestina PBB (Unrwa), untuk Middle East Eye.

“Jumlah truk yang tersebut dibutuhkan sangat minimum adalah 500 truk per hari, yang mana mengakibatkan kombinasi materi bakar, pasokan bantuan, dan juga pasokan komersial,” papar Touma.

Dalam jangka waktu yang mana sama, 157.000 liter substansi bakar telah lama masuk ke Gaza. Touma memaparkan dibutuhkan 300.000 liter materi bakar setiap harinya.

Dengan sedikitnya pasokan, persediaan makanan berkurang kemudian harga jual melonjak. Ketika kelaparan besar-besaran melanda Daerah Gaza utara, sumber-sumber ke Wilayah Gaza berada dalam lalu selatan menggambarkan situasi menyedihkan yang mana dapat berubah berubah jadi “krisis nyata” pada hitungan hari.

Warga Palestina, yang digunakan sebagian besar telah terjadi berubah menjadi pengungsi akibat peperangan negara Israel pada Daerah Gaza lebih tinggi dari satu kali, terpaksa meninggalkan Rafah, yang tersebut berubah menjadi sasaran invasi negara Israel juga pemboman yang mana terus-menerus.

Menurut UNRWA, hampir 450.000 warga telah terjadi meninggalkan kota Daerah Gaza selatan sejak negeri Israel melancarkan serangannya di dalam Rafah pekan lalu.

Artikel ini disadur dari Perlintasan Rafah Direbut Israel, Makanan Tersisa Kurang dari Sepekan di Gaza Selatan

CATEGORIES
TAGS
Share This